Tips Sehat Buat Jemaah Haji Indonesia di Madinah

Petugas haji memberikan layanan kepada jamaah haji di Masjid Nabawi.
Sumber :
  • ANTARA/HO.MCH

VIVA – Sejak Kamis 21 Juli 2022, hingga 4 Agustus 2022 mendatang, jemaah haji gelombang kedua mulai bergerak dari Mekah ke Madinah untuk melaksanakan ibadah sunnah Arbain dan ziarah ke makam Rasulullah.

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Wakil Kepala Bidang Kesehatan Arab Saudi, dr. Indro Murwoko meminta para Tenaga Kesehatan Haji (TKH) Kloter untuk memperhatian kondisi kesehatan jemaah haji. Pihaknya meminta para TKH jeli untuk menilai kondisi jemaah dengan risiko tinggi (risti) di kloternya masing masing, jangan sampai kelelahan.

“Kelelahan dapat memicu perburukan penyakit komorbid yg diderita jemaah,” ujar dr. Indro.

Menag Yakin Populasi Muslim Digeser Pakistan Tak Berdampak Apapun Termasuk Kuota Haji

Apalagi mengingat cuaca Madinah yang lebih panas dari Mekah dengan rata rata suhu 43-46°C, akan lebih terasa menyengat. dr. Indro meminta agar para TKH tetap dekat dengan jemaah dan terus memberikan motivasi bagi jemaah untuk menjaga kesehatannya.

Khususnya kepada jemaah haji, dr. Indro juga berpesan agar dapat melakukan ibadah sunnah sesuai dengan kemampuan dan kondisi kesehatan masing masing.

Arab Saudi Larang Jemaah Bawa Barang Bawaan Tertentu ke Tanah Suci, Apa Saja?

“Jangan berlebihan, over aktivitas yang menimbulkan kelelahan akan mengganggu kondisi kesehatan jemaah. Apalagi yang sebelumnya memiliki penyakit, dapat terjadi kekambuhan,” ujarnya.

Salah satu contoh perburukan kondisi kesehatan dialami oleh pasien KKHI Makkah. Dimana beberapa hari lalu, salah satu pasien jantung, sempat mengalami perburukan, dan harus dilakukan tindakan kardioversi (kejut listrik).

Kerja Sama Saudi Airlines dan Kemenag

Perjanjian Kerja Sama, Saudia Airlines Siap Angkut Ribuan Jemaah Haji Indonesia

Jemaah dan petugas yang akan menggunakan layanan Saudia Airlines tersebar di 11 provinsi yang akan diberangkatkan melalui lima embarkasi.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024