Sandiaga Bantu Kepsek di Balikpapan Daftarkan HAKI Produk Buatan Siswa

Menparekraf Sandiaga Uno (kanan)
Menparekraf Sandiaga Uno (kanan)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membantu fasilitasi Yunita, seorang kepala sekolah dalam mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di Balikpapan, Kalimantan Timur. Hal itu untuk mematenkan beberapa merek produk buatan para siswa di sekolah Yunita.

Awalnya Yunita menceritakan di sekolahnya memiliki program belajar kewirausahaan. Sehingga para siswa bisa belajar sekaligus menciptakan  produk-produk bernilai jual. 

Selama ini, kata Yunita, produk-produk yang telah dihasilkan antara lain, batik ecoprint, aplikasi, dan minuman kopi.

"Kami ini sudah banyak produk-produk, kami ingin mengembangkan. Tapi merek dagangnya ini kami agak susah, dan harus (urus) kemana," tanya Yunita ke Sandiaga saat Workshop KaTa Kreatif di Balai Kota Balikpapan, Minggu, 24 Juli 2022.

Setelah mendengar itu, Sandiaga pun menjawab kendala yang selama ini dihadapi Yunita. Sandiaga secara langsung memfasilitasi Yunita untuk mengurus HAKI untuk merek produknya.

"Saya kabulkan permintaannya saya akan tunjuk Pak Hariyanto (Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf) untuk memfasilitasi merek dari beberapa produk yang tadi sudah disampaikan, dan kita fasilitasi HAKI-nya," jelas Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga meminta Yunita untuk melaporkan perkembangan terkait kepengurusan HAKI merek dagangnya.