Presenter TV Diperiksa KPK Terkait Suap Bupati Mamberamo Tengah

Ilustrasi Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA Nasional – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Presenter Brigita Purnawati Manohara hari ini, 25 Juli 2022. Pemeriksaan kali ini merupakan panggilan kedua untuk Brigita dalam kasus suap dan gratifikasi Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

"Betul (jadwal panggilan kedua Brigita)," kata Plt Juri Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin, 25 Juli 2022.

Brigita sedianya hadir akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi di Mamberamo Tengah. Ia seharusnya diperiksa pada Jumat, 15 Juli 2022.

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Juru Bicara KPK, Ali Fikri

Photo :
  • ANTARA

Saat pemanggilan pertamanya, Brigita dinyatakan mangkir oleh KPK. Namun Brigita mengklaim KPK mengirimkan surat panggilan ke rumahnya yang kini dijadikan sebagai kontrakan.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

"Penerima surat yakni orang yang menyewa rumah tersebut siang tadi menjelaskan bahwa dia yang menerima tetapi lupa tidak menyampaikan," kata Brigita melalui keterangan tertulis, Senin, 19 Juli 2022.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak merupakan tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah. Dia kini menjadi buronan karena kerap mangkir dalam pemanggilan penyidik KPK.

Dia juga hilang saat dipanggil paksa penyidik. KPK sudah meminta bantuan Polda Papua untuk mencari Ricky. Informasi diterima wartawan, bertalian dengan penyidikan ini terdapat aliran uang dari Ricky kepada Brigita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya