Mengejutkan! 5 Kasus Pembunuhan Berantai Tersadis di Indonesia

Ryan Jombang
Sumber :
  • Twitter/CynthiaEllena

VIVA Nasional – Tercatat ada beberapa kasus pembunuhan berantai tersadis di Indonesia dengan jumlah korban yang tak main-main, bahkan ada yang mencapai puluhan.

Minta Uang Buat Bayar Utang dan Cicilan Motor, Fitri Tewas di Tangan Mantan Suami

Mendengar kasus pembunuhan berantai, mungkin kita mengira kasus-kasus mengerikan seperti ini hanya ada di film atau luar negeri saja.

Kenyataannya, di Indonesia juga ada beberapa kasus pembunuhan berantai. Kebanyakan dari pelaku pembunuhan berantai tersebut ditangkap pada awal tahun 2000an dan sudah dieksekusi mati.

Ketika Santet Gagal, Pembunuh Bayaran Akhirnya Dipilih Novi untuk Eksekusi Mertua

Nah penasaran deretan kasus pembunuhan berantai tersadis di Indonesia? Simak ulasannya sebagai berikut

1. Rian Bogor (2021)

Kronologi Pembunuhan Ibu dan Anak di Palembang, Korban Dieksekusi dengan Blencong

Muhamad Rian, tersangka pembunuh dua wanita muda di Bogor, Jawa Barat, yang polisi sebut sebagai pembunuh berantai seperti dalam film serial Killer, sesaat setelah ditangkap dan ditahan Kamis, 11 Maret 2021.

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Di awal tahun 2021, publik sempat dihebohkan dengan kasus pembunuhan dua wanita berinisial DS (18) dan EL (23). Kepolisian Kota Bogor berhasil membongkar kasus tersebut dan meringkus tersangka bernama Muhammad Rian (21) atau dikenal sebagai Rian Bogor.

Rian diketahui memilih korbannya secara acak dengan modus berkenalan melalui media sosial. Komisaris Besar Susatyo Purnomo Condro menyebut perilaku Rian layaknya seorang psikopat dalam Film serial Killer.

2. Dukun Asep (2008)

Petugas memasang garis polisi di rumah guru yang jadi korban pembunuhan

Photo :
  • tvonenews.com

Tubagus Yusuf Maulana atau dikenal sebagai Dukun Asep adalah terpidana mati atas pembunuhan berencana delapan orang dengan modus penggandaan uang.

Alih-alih bisa menggandakan uang, Asep justru membunuh para korbannya dengan ritual yang sadis dan mengerikan.

Asep menyuruh para korbannya untuk menggali lubang dan memberi mereka minuman beracun. Pengadilan Negeri Rangkasbitung memvonis mati Asep pada 10 Maret 2008 dan dieksekusi mati pada tahun yang sama.

3. Rio Martil (2001)

Rio Alex Bullo atau dijuluki Rio Martil adalah terpidana mati atas kasus pembunuhan berantai yang terjadi pada tahun 1997-2001. Sesuai julukannya, Rio melancarkan aksi pembunuhannya dengan memukul kepala korban menggunakan martil.

Saat mendekam di LP Nusa Kambangan, ia bahkan membunuh teman satu penjaranya yang bernama Irwan Zulkarnaen. Hingga akhirnya dieksekusi mati pada tahun 2008.

4. Dukun Ahmad Suradji (1994)

Salah satu kasus pembunuhan berantai tersadis di Indonesia ialah aksi pembunuhan yang dilakukan oleh Ahmad Suradji, ia diklaim sebagai dukun yang membawa malapetaka. Aksi pembunuhannya terjadi antara tahun 1984-1994 dan tercatat merenggut nyawa 42 wanita di Desa Sei Semayang, Sumatera Utara.

Atas perbuatannya, Ahmad Suradji divonis mati pada 27 April 1997 dan kemudian dieksekusi mati pada tahun 2008.

5. Ryan Jombang (2007)

Ryan Jombang

Photo :
  • Twitter/CynthiaEllena

Salah satu kasus pembunuhan berantai tersadis yang sempat menggemparkan publik adalah kasus Ryan Jombang. Ryan tercatat membunuh 11 orang yang mayatnya ia kubur di belakang rumah orangtuanya.

Nah, bagaimana? Seram sekali bukan. Tidak menyangka sosok-sosok dalang dari peristiwa seram ada di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya