Bandara Soekarno-Hatta Tetap Ramai Walau Penumpang Wajib Booster

Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Nasional – PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, mencatat pergerakan penumpang di bandar udara tersibuk itu tidak mengalami penurunan. Meskipun pemerintah memutuskan untuk mengeluarkan kebijakan baru yakni wajib booster atau vaksin COVID-19 dosis tiga bagi pelaku perjalanan.

Executive General Manager Bandara Soekarno Hatta, Agus Haryadi mengatakan, saat ini pergerakan penumpang berada di angka 125 ribu per hari.

"Pasca diterapkan wajib booster, tidak ada penurunan. Dimana, angka pergerakan mencapai 125 ribu penumpang. Namun, memang angka ini sedikit turun kalau dibandingkan dengan libur Idul Adha dan sekolah kemarin," katanya, Rabu, 27 Juli 2022.

Lanjut dia, dari pantauan pihaknya, mayoritas penumpang pesawat sudah vaksin booster. Sehingga, tidak perlu lagi menyertakan surat antigen 1x24 jam atau PCR test 3x24 jam. Namun tempat untuk vaksin booster, tetap disediakan juga.

"Mayoritas sudah booster, tapi kalau yang belum booster kita arahkan untuk melakukan vaksin di sentra vaksinasi yang ada di Terminal 1, 2, dan 3," ujarnya.

Agus juga menyebutkan, pergerakan penumpang pun cukup stabil pasca pandemi. Dimana, saat ini pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta terus meningkat setelah sebelumnya turun drastis akibat pandemik COVID-19.

Terdata mulai Januari hingga Juni 2022 sebanyak 18,16 juta pergerakan penumpang. Dengan rincian, penumpang internasional 12 persen yakni 2.246.185 dan penumpang domestik 88 persen atau 15.916.525 orang.