CCTV Ungkap Detik-detik Kedatangan Irjen Sambo, Istri dan Brigadir J

Irjen Pol Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memeriksa 20 video CCTV dari 27 titik di kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Komnas HAM menyatakan video tersebut tak ada editing di 20 video itu.

Positif Narkoba, Istri Bintang Emon: Gak Nyangka Dijebak Suami Sendiri

"Video itu dijelaskan secara scientific. Satu apakah video itu kalau bahasa umumnya, apakah ada editing atau tidak. Tadi dijelaskan tidak ada, secara scientific. Tidak ada, secara scientific," kata Komisioner Komnas HAM, M Choirul Anam saat konpers di Komnas HAM, Rabu 27 Juli 2022.

Komisioner Komnas HAM, M Choirul Anam.

Photo :
  • VIVA/ Rahmat Fatahillah Ilham.
Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba

Kemudian, Anam juga menjelaskan soal kerangka waktu yang berbeda satu video dengan video yang lain. Dia mengatakan mengenai mekanisme kaliberasi.

"Ada mekanisme namanya kaliberasi. Itu juga dijelaskan bagaimana mekanisme kaliberasinya," ucap Anam.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Hal Ini

Sebagai informasi, saat sampai di Duren Tiga, kata Anam, diperlihatkan dalam salah satu CCTV rombongan Irjen Sambo lengkap dengan seluruh ajudan beserta istrinya.

Irjen Pol Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Di area Duren Tiga, video memperlihatkan ada Irjen Sambo, ada rombongan dari Magelang. Lengkap dengan semua ajudan nya termasuk Brigadir J serta istri dari Irjen Sambo," ujar Anam.

Dalam video tersebut, lanjut Anam, terlihat Irjen Sambo masuk terlebih dahulu ke dalam rumah. Setelah itu, barulah rombongan yang dari Magelang datang ke rumah tersebut.

"Irjen sambo masuk duluan, setelah sekian waktu ada rombongan barulah pulang itu dari Magelang. Disitu terlihat istri Irjen Sambo, ada almarhum Brigadir J juga," tuturnya.

Lalu, Anam menambahkan, dalam video CCTV yang diterima oleh pihaknya, terlihat yang melakukan test PCR itu adalah istri dari Irjen Ferdy Sambo dan seluruh ajudan termasuk Brigadir J.

"Terkait test PCR, dalam video itu, jadikan rombongan dari Magelang sampai, terus abis itu yang kelihatan memang masuklah rombongan - rombongan itu, terus barulah ke ruang PCR. Dimana test PCR nya? Dirumah," kata Anam saat konpers di Komnas HAM, Rabu 27 Juli 2022.

"Siapa yang kelihatan di video pas  PCR? Semua yang rombongan dari Magelang di test PCR, salah satunya adalah almarhum Brigadir Josua," sambungnya. 

Meski demikian, Anam mengatakan bahwa test PCR tersebut dilakukan bukan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Yang jelas, lanjut anam, test PCR tersebut dilakukan di rumah yang berlokasi di kawasan Duren Tiga. 

"Test PCR bukan dilakukan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya