33.212 Jemaah Haji Sudah Tiba di Indonesia

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas melepas kepulangan jemaah haji Indonesia
Sumber :
  • MCH / Zaky Al Yamani

VIVA Nasional – Musim haji sudah hampir selesai. Ini artinya kepulangan jemaah haji juga akan segera selesai. Kloter pertama kepulangan dimulai dari tanggal 15 Juli 2022 dan akan berakhir di tanggal 30 Juli 2022 mendatang. Jumlah jemaah haji yang telah tiba di Tanah Air adalah 33.212 jemaah. 

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas melepas kepulangan jemaah haji Indonesia

Photo :
  • MCH / Zaky Al Yamani

Hal ini juga disampaikan melalui laman Kemenag. Wibowo Prasetyo, Stafsus Menteri Agama "Alhamdulillah, proses pemulangan jemaah haji berjalan lancar. Dari 15 Juli sampai hari ini, sudah 33.212 jemaah yang kembali ke Tanah Air. Mereka tergabung dalam 83 kloter jemaah haji yang diberangkatkan pada gelombang pertama," ungkapnya di Bandara Soekarno-Hatta, sesaat sampai di Tanah Air, Rabu 27 Juli 2022. 

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Menambahkan, ia menjelaskan, total akan ada 45.096 jemaah dalam 114 kloter yang berangkat pada gelombang kepulangan pertama. Mereka diterbangkan ke Tanah Air secara bertahap melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Sementara untuk kepulangan jemaah haji gelombang ke dua, akan dimulai 30 Juli 2022 hingga 13 Agustus 2022 mendatang. Saat ini, Untuk gelombang ke dua, sejak 21 Juli 2022, para jemaah haji secara bertahap diberangkatkan ke Madinah. Mereka menjalani ibadah Arbain (salat wajib berjamaah selama 40 waktu) dan tinggal di Madinah selama delapan hingga sembilan hari.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

"Sampai hari ini, sebanyak 21.309 jemaah haji gelombang kedua (54 kloter) telah diberangkatkan dari Mekkah menuju Madinah. Keberangkatan jemaah ke Madinah, akan berlangsung hingga 4 Agustus 2022," sambungnya. 

Ribuan Jemaah Haji Tawaf

Photo :
  • MCH 2022/Susanto

Dalam kesempatan ini pula, Wibowo tetap mengingatkan untuk jemaah haji yang masih berada di Tanah Suci untuk selalu menjaga kesehatan diri dan menyesuaikan aktivitas dengan kemampuan diri, serta tak lupa untuk memperbanyak minum air. Khususnya di Madinah, yang mana saat ini cuaca di Madinah lebih panas dibanding di Mekkah. Jemaah juga harus memperhatikan sejumlah aturan selama di Madinah, termasuk larangan merokok di sekitar Masjid Nabawi dan hotel dan peraturan lainnya. 

Diketahui, kuota haji Indonesia pada 1443 H/2022 M berjumlah 100.051 jamaah, terdiri atas 92.825 jamaah kuota haji reguler dan 7.226 jamaah kuota haji khusus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya