Kunjungi Pasar Rau Serang, Zulhas Klaim Harga Sembako Turun

Zulhas di Pasar Induk Rau (PIR), Kota Serang, Banten
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA Nasional – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, melakukan blusukan ke Pasar Induk Rau (PIR), Kota Serang, Banten pada hari ini Kamis. 28 Juli 2022, Dalam kesempatan itu, Zulhas ditemani oleh didampingi oleh Wakil Ketua MPR yang juga merupakan kader Partai Amanat Nasional, Yandri Susanto.

Konflik Iran Vs Israel, Harga BBM Subsidi Naik?

Kedatangan Zulhas di Pasar Induk Rau (PIR), Kota Serang ini bertujuan untuk mengecek harga kebutuhan bahan pokok yang ada di pasar tersebut. Ketua Umum PAN ini, menyebut harga bahan pokok di pasar itu dalam keadaan stabil.

"Jadi kita syukuri harga-harga sekarang turun, terutama bawang, minyak goreng, cabe turunnya tinggi sekali," kata Mendag, Zulkifli Hasan, Kamis 28 Juli 2022

Daftar Harga Pangan 16 April 2024: Beras hingga Daging Turun

Ilustrasi sembako/pangan.

Photo :

Zulhas membeberkan, untuk harga cabai merah tadinya seharga Rp 120 ribu kini. Namun saat ini harga cabai sudah turun dan berada di angka Rp50 ribu per kilogramnya. 

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Kemudian harga ayam potong yang sebelumya dibanderol Rp50 rubu per kilogram, kini turun menjadi Rp35 ribu perkilogramnya. Selanjutnya harga bawang merah yang sebelumnya di kisaran Rp 80 ribu per kilogram, turun menjadi Rp40 ribu. 

Penurunan harga juga terjadi pada Telur ayam. dari semula berada pada angka Rp32 ribu, turun menjadi Rp28 ribu. "Kalau (harga) beras stabil, daging Rp 135 ribu per kilogramnya, stabil juga," kata Zulhas.

Arsip Foto - Pedagang menyusun minyak goreng kemasan di salah satu toko sembako.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Zulhas mengungkapkan salah satu faktor yang menyebabkan turunnya harga bahan pokok ini adalah pasokan barang yang mencukupi untuk kebutuhan masyarakat. Menurut Zulhas, yang memicu melambungnya harga bahan pokok adalah kekurangan atau terhambatnya pasokan sehingga menimbulkan harga jual yang tinggi.

"Daya beli masyarakat tadi yang belanja ramai, banyak. (Harga) mie belum ngecek tadi ya," jelasnya

Sebelumnya Zulhas juga memantau harga bahan pokok di pasar Gayamsari, Semarang Jawa Tengah. Harga bahan pokok di pasar Gayamsari, menunjukkan kondisi yang stabil. Seperti beras medium yang dibanderol Rp10.000/kg, beras premium Rp12.500/kg dan telur ayam ras Rp28.000/kg

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya