Protes Tiket Mahal, Masyarakat Segel Loket Tiketing Pulau Komodo

Pedagang souvenir segel loket tiketing di Loh Liang Pulau Komodo
Pedagang souvenir segel loket tiketing di Loh Liang Pulau Komodo
Sumber :
  • Jo Kenaru/tvOne

VIVA Nasional – Masyarakat Desa Komodo melakukan aksi protes di Loh Liang atau Pulau Komodo Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur (NTT) Jumat 29 Juli 2022. Aksi yang melibatkan warga kampung Komodo dan para pedagang patung komodo menolak keras kenaikan harga tiket masuk ke Pulau Komodo menjadi Rp3,75 juta.

Sejumlah poster dibetangkan warga di Loh Liang. Aksi tersebut menjadi tontonan turis yang sedang mengunjungi spot yang merupakan habitat asli kadal purba komodo.

Sejumlah orator yang berbicara bergantian menggunakan mikrofon menyatakan terus melawan kebijakan perintah yang dengan alasan konservasi. Menurut mereka, kenaikan tiket masuk ke Taman Nasional Pulau Komodo sangat mengganggu animo kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo.

pulau komodo

pulau komodo

Photo :
  • U-Report

Warga berkata, wacana kenaikan tiket masuk langsung menyebabkan pembatalan kunjungan ke TN Komodo. Bagi warga Desa Komodo kondisi tersebut amat mengancam ekonomi mereka sebab warga bergantung pada penjualan aneka souvenir dan patung komodo di Loh Liang.

"Kalau terjadi pembatalan otomatis kunjungan berkurang. Dan pendapatan kami hilang. Jika ini yang terjadi saya pastikan tidak akan ada warga yang mau mati sengsara di sini. Lebih kami lawan kebijakan perintah sampai kapanpun," kata seorang orator dalam video yang beredar.

Aksi protes yang diikuti puluhan pedagang souvenir ini berlangsung tanpa pengawalan aparat keamanan. Hanya ada para jagawana yang sedang bertugas.