Tunggu Inpres, Kendaraan Pemerintah, TNI & Polri Beralih ke Listrik

Presiden Jokowi Jajal Mobil Listrik Berpelat RI-1
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Pemerintah saat ini tengah menggodok Instruksi Presiden (Inpres) terkait dengan prioritas penggunaan kendaraan listrik. Nantinya, yang memulai untuk prioritas kendaraan listrik adalah unsur pemerintahan termasuk pemerintah daerah, TNI hingga Polri.

Moeldoko: Young People Need to Learn about State Governance

"Sedang digodok inpres-nya, semoga bisa segera dikeluarkan. Inpres itu adalah petunjuk Presiden untuk memprioritaskan lingkungan pemerintah, pemda, TNI, Polri untuk beralih secara bertahap menggunakan kendaraan listrik," ujar Kepala Staf Kepresidenan atau KSP Moeldoko kepada wartawan, Jumat, 29 Juli 2022.

Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mencoba motor listrik MAB

Photo :
  • Instagram @dr_moeldoko
Gaikindo Ungkap Alasan Penjualan di Industri Otomotif Merosot

Lebih jauh, mantan Panglima TNI itu menyebut penggunaan kendaraan listrik ini sudah dimulai oleh Kementerian Perhubungan. Selain itu, Kementerian Perhubungan juga tengah membuat road map terkait penggunaan mobil konvensional menuju kendaraan listrik. 

"Jadi pilot project yang sementara ini masih rental (kendaraannya) ya. Saat ini juga sedang membuat road map, isinya bagaimana terjadi transisi dari penggunaan mobil konvensional menuju mobil listrik. Jadi secara bertahap, mulai dari persentasi by year ditujukan (penggunaan kendaraan listrik) ke instansi pemerintah seperti TNI dan Polri," bebernya.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Moeldoko tidak mengungkap secara gamblang, kapan penggunaan kendaraan listrik akan dimulai di instansi pemerintahan. Namun, ia menyatakan secepatnya instruksi itu dimulai.

"Secepatnya ya, ini sudah mulai diawali oleh Kemenhub. Kementerian lain pasti nyusul karena inpres-nya sedang berjalan, sedang berproses," tukas Moeldoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya