Haji 2022 Dalam Angka

Hari terakhir kedatangan jemaah haji Indonesia di Jeddah
Hari terakhir kedatangan jemaah haji Indonesia di Jeddah
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Pada tahun ini, meski jumlah kuota Indonesia kurang dari 50 persen, ibadah haji berhasil diselenggarakan. Tahun ini Indonesia mendapatkan kuota 100.051 jemaah. Dari kuota itu, dialokasikan untuk jemaah reguler sebanyak 92.825 dan haji khusus sebanyak 7.226 jemaah.

Adapun pengumuman terkait kepastian penyelenggaraan haji 2022 pertama kali disampaikan pemerintah Arab Saudi awal Ramadan. Arab Saudi menyelenggarakan ibadah haji dengan total kuota 1.000.000 jemaah. 

Lalu pada 17 Ramadan lalu, Arab Saudi mengumumkan kepastian kuota jemaah haji Indonesia hanya sebanyak 100.051. Itu merupakan H-47 dari keberangkatan kloter pertama Indonesia pada awal Juni 2022. 

"Jika dipotong libur Lebaran selama 10 hari, total persiapan yang kita lakukan itu hanya 37 hari," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Subhan Chalid kepada Tim MCH (Media Center Haji) usai rapat evaluasi di Jeddah, Jumat 29 Juli 2022.

Padahal di situasi normal, satu bulan setelah penyelenggaraan haji, yakni pada 15 Muharam, indonesia biasanya sudah mendapatkan undangan untuk membahas pesiapan ibadah haji tahun berikutnya.

"Indonesia selalu mendapatkan giliran pertama, yakni pada Rabiul Awal. Jadi, kami biasanya punya cukup waktu yang panjang, dari bulan Maulid sampai Syawal untuk menyiapkan ibadah haji," jelas Subhan Cholid.

"Nah, tahun ini, kami baru mulai di H-37. Kita meyakini karena ini adalah tamu Allah dan kami hanya sekadar melaksanakan syariat, Alhamdulillah bisa menyelenggarakan ibadah haji," tambahnya.