Gunung Ibu Maluku Utara Erupsi, Warga Diminta Jauhi Radius 3,5 Km

Gunung Ibu di Maluku, meletus
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara kembali erupsi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan gunung berapi tersebut erupsi pada Sabtu semalam, sekitar pukul 19.36 WIT.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Laporan PVMBG juga meyampaikan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 27 mm dan durasi 139 detik.

Dari laporan itu, tinggi kolom abu vulkanik yang dimuntahkan setinggi sekitar 3000 meter.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

"Tinggi kolom letusan teramati ± 3.000 m di atas puncak (± 4325 m di atas permukaan laut), saat laporan ini dibuat erupsi masih berlangsung," tulis keterangan PVMBG melalui akun Twitternya yang dikutip pada Minggu, 31 Juli 2022.

Gunung Ibu di Maluku Utara erupsi.

Photo :
  • BNPB.
Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Pun, PVMBG mengimbau kepada masyarakat di sekitar Gunung Ibu termasuk pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 2 kilometer. Selain itu, perlu perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Masyarakat sekitar yang hendak keluar beraktivitas disarankan mengggunakan masker dan kacamata. Imbauan ini dikhawatirkan potensi hujan abu imbas erupsi.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata)," demikian imbauan PVMBG.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya