Kapolda Jateng: Reserse Harus Jadi Gendruwo bagi Penjahat

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menginstruksikan para anggota reserse untuk menjadi gendruwo (hantu) bagi para penjahat. Hal itu dikemukakan Kapolda saat memimpin apel pagi, Senin, 1 Agustus 2022.

Polda Jatim: Kapolda Instruksikan Tindak Tegas Polisi di Surabaya yang Diduga Cabuli Anak Tiri

"Fungsi reserse harus dapat menjadi gendruwo bagi para penjahat. Hal ini dapat terjadi bila penegakan hukum dilakukan secara cepat dan tegas. Bila kinerja reserse cepat dan segera ungkap, maka calon pelaku kejahatan akan berpikir seribu kali untuk melakukan aksinya," ujarnya.

Pernyataan Kapolda tersebut sekaligus mengapresiasi pada jajarannya, atas terungkapnya sejumlah kasus yang menjadi atensi publik, antara lain perkara penembakan istri anggota TNI di Kota Semarang yang terungkap dalam beberapa hari saja. Juga kasus penemuan potongan tubuh di Kabupaten Semarang yang terungkap sehari kemudian. Kemudian beberapa kasus di wilayah lain di Jawa Tengah.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi

Photo :
  • tvOne / Teguh Sutrisno

Cepatnya pengungkapan kasus ini, kata Kapolda, patut diapresiasi karena sedikit banyak dapat menjawab keresahan publik terhadap penanganan kasus-kasus besar yang terjadi di wilayahnya.

5 Oknum Polisi Diringkus Terkait Kasus Narkoba di Depok

Ia menambahkan, penegakan hukum di Jawa Tengah harus dilaksanakan secara tegas dan tepat, tapi tidak boleh dilakukan dengan cara yang melanggar hukum. Dengan begitu, akan memberi dampak bagi penjahat untuk tidak berbuat macam-macam di Jawa Tengah.

"Kejar dan tangkap pelaku kejahatan sampai di mana saja. Ada bukti permulaan yang cukup, segera tahan dan periksa dan tetap prosedural. Namun jangan hanya tangkap, yang terpenting adalah ungkap," katanya.


Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya