Zikir dan Doa Kebangsaan, Jokowi Cerita Enaknya Punya Wapres Kiyai

Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin dalam Acara Zikir dan Doa Kebangsaan
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menghadiri acara Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka pada Senin malam 1 Agustus 2022. Acara ini digelar di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Jokowi hadir memakai atasan baju koko yang dilengkapi dengan jas dan peci hitam dengan bawahan sarung. Begitu juga Ma'ruf Amin yang terlihat memakai kokoh dan sarung dilengkapi dengan sorban yang juga berwarna putih dan peci hitam

Acara Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka di Istana Negara

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Acara Zikir Kebangsaan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju terlihat hadir dalam acara zikir dan doa kebangsaan malam ini diantaranya adalah Menko PMK Muhadjir effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan juga Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Dalam acara ini hadir sejumlah Ulama tanah air seperti Habib Luthfi bin Yahya, Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Hadir juga sejumlah Santri dan Tokoh lintas agama di Istana Merdeka malam ini.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku bersyukur Indonesia sebentar lagi akan memasuki usia kemerdekaan ke 77 tahun. Jokowi juga mengungkapkan sangat banyak hal yang harus disyukuri dari sebuah kemerdekaan.

"Alhamdulillah kita patut bersyukur pada malam hari ini kita bisa memperingati bulan kemerdekaan, memperingati 77 tahun Indonesia merdeka. Tadi saya rasa sudah banyak disampaikan oleh Pak Wapres mengenai nikmatnya kemerdekaan, ini enaknya kalau wakil presidennya itu Pak Kiyai," kata Jokowi Senin malam, 1 Agustus 2022

Acara Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka di Istana Negara

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi atas tausyiah yang disampaikan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. Salah satu yang disampaikan Ma'ruf adalah mengenai keistimewaan Indonesia yang memiliki sumber daya alam yang melimpah.

"Makasih Pak Kiyai, tausiyahnya jelas, jadi saya tidak usah mengulang lagi," kata Jokowi

Seperti diketahui, Zikir dan Doa Kebangsaan ini menjadi bagian dari rangkaian acara untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Zikir dan Doa Kebangsaan di Istana Negara ini dihadiri oleh 100 tokoh yang terdiri dari para Kiyai, habaib, pejabat negara, tokoh berbagai ormas, dan tokoh lintas agama. Selain itu, hadir juga 500 jamaah dan santri dari berbagai pondok pesantren di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya