Seorang Jemaah Haji Asal Aceh Wafat di RSUD Zainoel Abidin

Jemaah Haji Indonesia Menuju Jamarat Mina
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA Nasional - Seorang jemaah haji asal Aceh Tenggara, Aceh bernama Rismawati Saudan Abdullah (51) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA), Senin, 1 Agustus 2022.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Koordinator Humas dan Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh Tajri membenarkan kabar meninggalnya Rismawati saat dirawat di RSUDZA. Almarhumah meninggal Senin sore. 

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah, Ibu Rismawati Saudan, jemaah dari Aceh Tenggara, jam 15.00 WIB tadi di RSUZA," kata Tajri.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Rismawati diketahui tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 02-BTJ. Setelah kedatangan di bandara Sultan Iskandar Muda, Rabu, 27 Juli lalu, ia dirujuk ke RSUZA untuk perawatan lanjutan karena mengalami hipertensi dan diabetes melitus. Jenazah, akan dimakamkan di kampung halamannya di Kutacane, Aceh Tenggara.

Adapun saat ini sudah lima jemaah Aceh yang meninggal dunia di musim haji tahun ini. Empat jemaah meninggal dunia di Arab Saudi. Sementara satu jemaah meninggal dunia dalam perawatan rumah sakit di Banda Aceh.

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Jemaah haji Indonesia wafat di Bandara Jeddah.

Photo :
  • MCH 2022

Sebelumnya, empat jemaah yang meninggal yaitu Muslim bin Abdul Wahab Salam (51) jemaah kloter 01-BTJ asal Pidie Jaya, meninggal dunia di dalam pesawat 15 menit sebelum mendarat di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, 15 Juni 2022, jam 04.37 WAS. Almarhum didiagnosa mengalami penyakit asam lambung (GERD gastroesophageal reflux disease). 

Lalu, Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55) juga dari Kloter 01-BTJ asal Pidie Jaya, meninggal dunia di Rumah Sakit Al Noor, Mekah, 10 Juli 2022, Jam 07.30 WAS karena gagal ginjal akut (AKI-Acute acute kidney injury).

Kemudian, pada 16 Juli 2022, Nurkharijah binti Muhammad Yunus (64) jemaah kloter 05-BTJ asal Aceh Barat juga meninggal dunia di Hotel Alsagreyah, Mekah, Jam 21.40 WAS karena Acute Ischaemic heart disease (penyakit jantung iskemik akut).

Kemudian, Intan Sani binti Abdullah (61) juga jemaah kloter 5 asal Aceh Barat Daya, yang meninggal dunia di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, Kamis, 20 Juli 2022, jam 18.45 WAS karena geriatric syndrome (sindrom geriatri) dan congestive heart failure-gagal jantung.

"Dan yang terakhir ini, Rismawati dari Aceh Tenggara meninggal dunia di RSUZA Banda Aceh," sebut Tajri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya