Fakta Temuan Bansos yang Dikubur di Depok

Lokasi puluhan karung beras bansos terkubur di Depok
Sumber :
  • VIVA/Ridwan Putra

VIVA Nasional – Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf mendesak Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menjelaskan secara transparan kepada publik soal temuan bantuan sosial (bansos) yang dikubur di Depok, Jawa Barat.

Verrell Bramasta dan Putri Zulhas Kompak Ingin Memajukan Anak Muda

“Dinas Sosial Depok sudah menyampaikan keterangan resminya bahwa mereka tidak bekerjasama dengan pihak JNE untuk menyalurkan beras bansos. Sementara, berdasarkan keterangan resmi JNE, mereka mengklaim penimbunan beras tersebut dilakukan atas perjanjian kerja sama kedua belah pihak, lalu pertanyaannya adalah apakah yang dimaksud JNE ini adalah Kemensos?” Kata Bukhori, dikutip dari laman resmi DPR RI, Selasa, 2 Agustus 2022

Bukhori menyesalkah tindakan Kemensos yang lebih memilih bungkam ketimbang menjelaskan secara transparan terkait perlakuan terhadap beras tidak layak konsumsi tersebut.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Lokasi puluhan karung beras bansos terkubur di Depok

Photo :
  • VIVA/Ridwan Putra

Lebih lanjut, Bukhori mengatakan perlakuan terhadap beras bansos yang dikubur itu dapat melukai perasaan masyarakat miskin dan tidak bijaksana.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

“Jika benar beras tersebut sengaja ditimbun lantaran diklaim rusak atau tidak layak konsumsi, kami agak ragu dengan keterangan tersebut. Padahal masih ada cara lain supaya beras itu tidak terbuang sia-sia, semisal dijual kembali ke pihak lain sebagai campuran pakan ternak. Setidaknya itu bisa lebih bermanfaat dan tidak menimbulkan kecurigaan,” ujarnya. 

Selebihnya, Bukhori mendukung pihak kepolisian mengusut tuntas kasus penimbunan beras tersebut sehingga terungkap fakta dan pihak yang harus bertanggung jawab atas penimbunan beras itu.

Viral di medsos, ratusan paket yang diduga bantuan sosial dikubur di dalam tanah

Photo :
  • Instagram: memomedsos

Pernyataan Menteri Sosial

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan bahwa bantuan sosial (bansos) yang terkubur dan ditemukan di kawasan Kampung Serab, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, tidak dilakukan dari masa dia menjabat.

"Jadi yang jelas itu bukan zaman saya, karena waktu saya jadi menteri, Bapak Presiden sudah menyampaikan 'Bu Risma, jangan bantuan berupa barang,'" kata dia melalui pesan suara diterima di Jakarta.

Ia mengatakan pesan dari Presiden tersebut menjadi alasan saat mulai menjabat, di mana dia menyalurkan bansos dalam bentuk uang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya