Jumlah Sampah yang Dihasilkan Jemaah Haji Indonesia

Kepala Daerah Kerja Mekah, Subhan Cholid.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dedy Priatmojo

VIVA Nasional - Setelah berakhirnya rangkaian Haji 2022. Akan tetapi dalam pelaksanaan Ibadah haji, sebanyak 11.000 ton lebih sampah yang dihasilkan dari sisa konsumsi para jemaah haji Indonesia selama penyelenggaraan Ibadah haji 2022.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Subhan memaparkan mengenai masalah sampah selama penyelenggaraan ibadah haji yang melibatkan sebanyak 46 perusahan penyedia konsumsi bagi 100 ribu lebih jemaah haji Indonesia.

"Sampah yang dihasilkan sebanyak 11.696.910 kilogram dari sisa konsumsi," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Subhan Cholid, seperti dilansir dari Antara, Selasa 2 Agustus 2022.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Ribuan Jemaah Haji Tawaf Wada Usai Sholat Subuh

Photo :
  • MCH 2022/Susanto

Dari berbagai perusahan makanan yang telah disewa untuk memberikan makanan bagi para jemaah haji Indonesia telah menyediakan 11.047.135 kotak makanan dan 35.088.810 botol minuman yang diberikan tiga kali waktu makan kepada setiap jemaah haji dalam sehari.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Ini merupakan pertama kalinya bagi jamaah haji 2022 asal Indonesia yang mendapatkan layanan konsumsi tiga kali dalam sehari dengan menu makanan khas Nusantara. Pada haji-haji sebelumnya biasanya mendapatkan 2 kali makan dalam sehari.

Selain itu juga, Subhan Cholid menambahkan lebih lanjut, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi juga telah menyediakan akomodasi sebanyak 40 hotel di Mekah dan 48 di Madinah.

Foto Arsip: Kedatangan jemaah haji di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Ketika semua jemaah haji asal Indonesia menempati hotel-hotel yang sudah disediakan. Dalam hotel tersebut sudah tersedia air bersih untuk dikonsumsi oleh jemaah haji.

Selain itu juga, Air tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mandi, mencuci baju, bersuci dan lainnya, Air tersebut telah mencapai 393.897.000 liter. Kuota haji 2022 asal Indonesia mencapai 100.051 orang terdiri dari 92.825 kuota haji Reguler dan 7.226 kuota haji khusus.

Saat ini sekitar 50 persen jemaah haji gelombang pertama sudah kembali ke Tanah Air melalui Bandara di Jeddah. Selebihnya, pemulangan gelombang kedua yang berada di Madinah dan mulai terbang ke Indonesia melalui Bandara yang berada di wilayah Madinah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya