APJII Dukung Hadirkan Kembaran Bali di Metaverse

Ketua Umum APJII Muhammad Arif Angga.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Nasional – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bekerja sama dengan Balitwin, menghadirkan kembaran Bali di metaverse. APJII dan Balitwin menandatangani nota memorandum of understanding (MoU) pada 1 Agustus 2022. 

Melodi Bali Memukau New York: Navicula dan Endah N Rhesa Luncurkan Album "Segara Gunung"

Ketua Umum APJII, Muhammad Arif mengatakan, metaverse merupakan fenomena baru di industri digital yang tak bisa terelakkan keberadaannya. 

Menurut Arief, metaverse bisa menjadi peluang baru bagi perekonomian di Indonesia. Lebih lanjut, menurut Arief, keberadaan metaverse sangat berkaitan dengan infrastruktur internet yang bagus. 

Health Ministry Warns Dengue Fever to Bali Tourists

Dalam hal itu, diklaimnya, APJII telah berperan selama ini mewujudkan infrastruktur internet yang bagus. Sehingga, kerja sama antara APJII dan Balitwin bisa semakin menguatkan ekosistem metaverse di Indonesia. 

“Memang Metaverse tidak bisa lepas dari infrastruktur internet yang bagus,” kata Arief yang menyatakan kerja sama dengan Balitwin meliputi pelatihan sumber daya manusia jaringan internet dan sosialisasi infrastruktur digital. 

Arus Balik Lebaran, 234 Ribu Orang Diprediksi Tinggalkan Bali Melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai

Ia menambahkan, ketertarikan APJII bekerja sama dengan Balitwin juga karena perusahaan tersebut mengusung konsep yang mengedepankan kultur lokal Indonesia dengan menghadirkan kembaran Bali ke ranah metaverse. 

Konsep tersebut, ditekankan Arief, sangat mungkin untuk mengenalkan Bali ke dunia internasional. Termasuk memancing para wisatawan mancanegara untuk kembali mengunjungi Bali setelah tidak bisa selama pandemi. 

“Sehingga, turis-turis mancengara bisa lihat Bali dan mereka atraktif lagi ke Bali seperti sebelum COVID,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya