Sebanyak 55 Ribu Jemaah Haji Asal Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air

Jemaah Indonesia asal Tulungagung, Anis Mufidah di Bandara Jeddah
Jemaah Indonesia asal Tulungagung, Anis Mufidah di Bandara Jeddah
Sumber :
  • MCH 2022 / Zaky Al Yamani

VIVA Nasional – Saat ini tengah berlangsung proses pemulangan jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang kedua. Mengingat Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443H/2022M sudah memasuki hari ke-60. Kabiro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Setjen Kemenag Akhmad Fauzin menyebut, tahun ini kuota haji Indonesia mencapai 100.051 orang.

Dari jumlah tersebut, sampai pada hari Selasa, 2 Agustus 2022 ada lebih dari 55 ribu jemaah haji asal Indonesia yang sudah kembali ke Tanah Air. Dengan kata lain, lebih dari 50% jemaah yang sudah di pulangkan ke Indonesia.

“Jumlah jemaah haji yang telah tiba di tanah air sebanyak 55.473 orang. Hari ini kembali dipulangkan lagi sebanyak sembilan kloter menuju delapan Debarkasi,” ucap Akhmad Fauzin seperti dikutip VIVA dari laman Kemenag pada Rabu, 3 Agustus 2022. 

Jemaah haji melakukan Tawaf Wada

Jemaah haji melakukan Tawaf Wada

Photo :
  • MCH 2022

Lebih lanjut, Fauzin mengatakan ada satu kloter menuju Debarkasi Batam/BTH yang berjumlah 446 jemaah. Lalu, masing-masing dua kloter menuju Debarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG), Jakarta - Bekasi (JKS), dan Solo (SOC). 

Selain itu, jemaah haji yang pulang ke Indonesia masing-masing satu kloter menuju Debarkasi Lombok (LOP), Palembang (PLM), Surabaya (SUB), dan Ujung Pandang (UPG). “Total sebanyak 3.613 jemaah,” tutur Akhmad Fauzin. 

Sementara itu, untuk jemaah haji yang sakit, Akhmad Fauzin menyebutkan bahwa saat ini tercatat masih ada 64 jemaah haji yang sakit. Sebanyak 24 jemaah dirawat di RS Arab Saudi (RSAS), dan 40 orang lainnya masih dalam perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah

Foto Arsip: Kedatangan jemaah haji di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Foto Arsip: Kedatangan jemaah haji di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Jemaah haji yang meninggal dunia bertambah dua orang atas nama Saeti Jaya Sadimin, perempuan berusia 63 tahun, Nomor Paspor C63 34 513 kloter 39 asal Embarkasi Jakarta Bekasi dan Dyan Novi Laili, seorang perempuan berusia 46 tahun dengan Nomor Paspor C65 93 665 kloter SUB 33 asal Embarkasi Surabaya. 

“Sehingga jumlah jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 83 orang,” pungkas Akhmad Fauzin.

Persiapan Keberangkatan dari Madinah

Siti Khusnul, Jemaah haji Indonesia asal Grobogan

Siti Khusnul, Jemaah haji Indonesia asal Grobogan

Photo :
  • MCH 2022

Menjelang berakhirnya operasional haji di Daerah Kerja (Daker) Mekah pada tanggal 4 Agustus 2022 esok hari, sebanyak 42.229 jemaah haji Indonesia gelombang kedua atau setara 109 kloter sudah diberangkatkan dari Mekah ke Madinah. 

"Hingga Senin, 1 Agustus 2022, jemaah gelombang kedua yang sudah di kota di Madinah berjumlah 109 kloter dengan jumlah jemaah sebanyak 42.299," ucap Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah Kerja Makkah Amir Hamzah dikutip dari laman Kemenag. 

Sementara pada hari Selasa kemarin, ada enam kloter dengan jumlah 2.396 jemaah haji gelombang kedua yang diberangkatkan ke Madinah dari Mekah. Kloter jemaah yang diberangkatkan di antaranya adalah Kloter 17 Embarkasi Makassar (UPG 17). 

Kemudian ada Kloter 37 Embarkasi Surabaya (SUB 37), Kloter 42 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 42), Kloter 8 Embarkasi Palembang (PLM 8), Kloter 7 Embarkasi Balikpapan (BPN 7), dan Kloter 40 Embarkasi Solo (SOC 40).

Dengan begitu, sampai tanggal 2 Agustus 2022 kemarin, jemaah haji yang masih berada di Mekah ada 11 kloter dengan asumsi jumlah jemaah 2.874 orang. Sedangkan pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua ke Madinah terakhir dilakukan pada Kamis, 4 Agustus 2022.