Polisi Bongkar Asal Usul Gus Samsudin

Gus Samsudin
Gus Samsudin
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Nasional – Bermula dari berseteru di media sosial, gesekan pun terjadi antara pihak Samsudin atau Gus Samsudin dengan Marcel Radhival atau Pesulap Merah di dekat Padepokan Nur Dzat Sejati di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, akhir pekan lalu. Tak ingin konflik meluas dan besar, Forkopimda setempat pun menggelar rapat bersama tokoh masyarakat lintas organisasi.

Dari pertemuan yang juga dihadiri Samsudin dan pengacaranya itulah asal-usul si ahli pengobatan tradisional tersebut terungkap. “Yang bersangkutan (Samsudin) asalnya dari Lampung,” kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Blitar Inspektur Polisi Satu Udiono dihubungi VIVA pada Rabu, 3 Agustus 2022.

Potret pesulap merah alias Marcel dan Gus Samsudin

Potret pesulap merah alias Marcel dan Gus Samsudin

Photo :
  • tvonenews.com

Berdasarkan pengakuan Samsudin di forum, Udiono menjelaskan bahwa Samsudin pernah belajar di sebuah pondok pesantren di Kabupaten Cepu, Jawa Tengah. Setelah itu, Samsudin mengadu nasib sebagai tukang rosok dan tinggal di Kabupaten Kademangan, Blitar. “Di Kademangan dia itu awal mulanya kerja di rosok (tukang rosok),” ujarnya.

Setelah berhasil, Samsudin kemudian mencoba mengobati orang yang kesurupan. Dia juga mendirikan padepokan di Desa Rejowinangun sekaligus jadi tenpat tinggalnya. “Setelah itu diembuskan dan semua masyarakat tahu [keahlian Samsudin dalam hal pengobatan tradisional], tandas Udiono.

Udiono menuturkan, dalam pertemuan tersebut belum diambil keputusan, namun hanya kesimpulan-kesimpulan yang nantinya akan disampaikan di pertemuan Forkopimda selanjutnya. Hal yang pasti, sementara ini Samsudin diminta untuk tidak melakukan aktivitas praktik pengobatannya di padepokan. “Tapi kalau di luar [padepokan] tidak apa-apa,” ucapnya.

Padepokan Nur Dzat Sejati milik Gus Samsudin di Blitar, Jawa Timur

Padepokan Nur Dzat Sejati milik Gus Samsudin di Blitar, Jawa Timur

Photo :
  • tvonenews.com