Ganjar Pastikan Hasil Tes Pasien Suspek Cacar Monyet di Jateng Negatif

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Pasien suspek cacar monyet atau monkeypox di Jawa Tengah telah menjalani pemeriksaan laboratorium. Hasilnya, dari tes PCR menyatakan bahwa yang bersangkutan negatif. 

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Hal itu disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Meski demikian, ia mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada. Setiap yang memiliki gejala mirip cacar monyet agar segera periksa.

"Semua sekarang kalau ada gejala segera periksa. Itu yang paling penting," kata Ganjar di sela kegiatan dinasnya di Semarang dan Boyolali, Kamis, 4 Agustus 2022.

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Untuk mengantisipasi kemungkinan ada kasus cacar monyet di Jateng, pihaknya terus melakukan pemantauan serta menjalin koordinasi dengan instansi terkait, termasuk dengan Kementerian Kesehatan.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Ganjar meminta agar Kementerian Kesehatan secepatnya melakukan briefing kepada petugas di pintu-pintu masuk ke Indonesia. 

"Karena ini tidak dari Indonesia ya, maka pintu-pintu masuk Indonesia harus tetap ketat. Kita minta Kementerian Kesehatan memberikan briefing kepada petugas pintu masuk untuk mengecek menggunakan peralatan sehingga indikasi awalnya diketahui," ujarnya.

Monkeypox atau cacar monyet

Photo :
  • crosstimbersgazette

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pasien di Jawa Tengah terindikasi bergejala atau suspek cacar monyet. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan rumah sakit yang merawat sudah melakukan isolasi dan pemeriksaan lanjutan kepada pasien tersebut.

Hari ini telah diketahui hasilnya bahwa pasien tersebut negatif cacar monyet.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya