Irjen Syahardiantono, Pengganti Irjen Sambo yang Punya Karier Moncer

Irjen Syahardiantono
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Irjen Pol Ferdy Sambo dari jabatan Kepala Divisi Propam Polri, Kamis, 4 Agustus 2022. Untuk menggantikan posisi Irjen Sambo, Kapolri menunjuk Wakil Kepala Bareskrim Irjen Syahardiantono. Simak profil Irjen Syahardiantono berikut ini melansir dari berbagai sumber.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Profil Irjen Syahardiantono

Irjen Syahardiantono

Photo :
  • Tangkapan layar
Profil Rizki Calon Suami Beby Tsabina yang Punya Karier Mentereng

Syahardiantono lahir pada 2 Februari 1970 di Blora, Jawa Tengah. Diketahui bahwa Syahardiantono merupakan lulusan akpol pada tahun 1991. Ia juga seorang perwira tinggi yang pernah menjabat sebagai Wakil Keamanan Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Polri pada 2021.

Syahardiantono pernah menjabat posisi penting di kepolisian. Seperti pada tahun 2010, ia menjabat sebagai Kapolres Pasuruan. Kemudian pada 2011, ia menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Jatim.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Tahun berikutnya, pada 2012 ia menjadi Kasubdit VI Dittipideksus Bareskrim Polri dan Dirreskrimsus Polda Kepri pada 2014.

Pada tahun 2016 ia menjabat sebagai Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdikpol Polri. Setelah itu pada 2018, ia menempati posisi sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Sespimmen Sespim Lemdikpol Polri.

Pada tahun yang sama, ia menjabat Kabagpenum Divisi Humas Polri. Kemudian tahun 2019 ia menjabat sebagai Karo PID Divhumas Polri. Kemudian ia menempati posisi Dirtipidter Bareskrim Polri pada 2020, serta menjabat sebagai Wakabareskrim Polri di tahun yang sama.

Diketahui bahwa irjen Syahardiantono pernah menangani sejumlah kasus-kasus yang menyita perhatian publik. Salah satunya pada kasus Bahar bin Smith terkait ujaran kebencian kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2018 lalu.

Syahardiantono juga pernah menangani penyelewengan budidaya dan ekspor benih lobster pada tahun 2020. Ia pun berhasil membekuk tersangka Kusmianto alias Lim Swie King serta menyita 73.200 ekor benih lobster.

Ditunjuk menggantikan Irjen Ferdy Sambo

Irjen Syahardiantono

Photo :
  • Tangkapan layar

Diketahui bahwa Irjen Syahardiantono ditunjuk menggantikan posisi Irjem Ferdy Sambo. Selain mencopot Ferdy Sambo, Kapolri juga memutasi sejumlah perwira polisi lainnya.

Brigjen Hendra Kurniawan selaku Karo Paminal Divisi Propam diketahui juga dicopot dari jabatannya dan menjadi Pati Yanma Polri. Posisinya digantikan Brigjen Anggoro Sukartono. Sebelumnya, Brigjen Anggoro menjabat Karo Waprof Divisi Propam Polri. 

"Dan malam hari ini saya akan keluarkan TR khusus untuk memutasi dan tentunya harapan saya proses penanganan tindak pidana terkait dengan meninggalnya Brigadir Yoshua ke depan akan berjalan dengan baik," kata Sigit saat konpers di Mabes Polri dikutip VIVA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya