Guyon Jokowi Saat PPAD Minta Tambah Tunjangan Pensiun: Tunggu 2030

Presiden Jokowi memimpin upaca peringatan HUT TNI ke-76 di Istana Merdeka
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA Nasional –  Pesiden Jokowi menanggapi adanya aspirasi dari para Purnawirawan Angkatan Darat yang menyuarakan keinginan agar Pemerintah menaikkan tunjangan Pensiun mereka. Dalam menanggapi ini, Jokowi sempat melontarkan guyonan dimana Dia menyebut kemungkinan tunjangan pensiun para purnawirawan baru bisa ditambah pada tahun 2030.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Awalnya, Jokowi menceritakan mengenai kondisi ekonomi Indonesia saat ini yang mulai menuju ke arah yang semakin baik. Jokowi juga meyakinin pada tahun 2030 nanti produk domestik bruto atau Gross Domestic Product (GDP)  Indonesia akan berada di 7 besar dunia.

"Saya meyakini nanti di tahun 2030. Kalau sekarang GDP ekonomi kita di nomor 15, tahun 2030 Insya Allah kita sudah berada di urutan ke-7 dunia," kata Jokowi dalam sambutannya di SICC sentul, Jumat 5 Agustus 2022

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Ilustrasi: Pemulihan Ekonomi. Foto: Shutterstock

Photo :
  • vstory

Menurut Jokowi, semua lembaga termasuk Bappenas dan juga Konsultan asing Mc Kinsey juga sudah menghitung bahwa di tahun 2045 Indonesia akan berada di posisi 4 dunia.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

"Akhirnya apa? kalau pertumbuhan ekonomi kita baik dan GDP kita baik, nanti di 2030 perkiraan kita sudah 3x lipat dari yang sekarang. Dari yang sekarang dari 1,2-1,3 triliun USD menjadi di atas 3," kata Jokowi

Dari adanya perbaikan itu, APBN akan semakin besar. Hal itu akan berdampak pada naiknya tunjangan PPAD. "Akhirnya apa, APBN jadi menggebung lebih besar, akhirnya apa? porsi anggaran untuk gaji, untuk pensiunan juga akan lebih besar. Tapi nunggu tahun 2030," ujar Jokowi

Apa yang disampaikan Jokowi itu pun membuat ruangan SICC terdengar ramai dengan reaksi peserta kepada Jokowi. Namun Jokowi menjelaskan bahwa ituhanya guyonan saja.

"Sebentar. Saya sampaikan tadi Guyonan," kata Jokowi.

Kemudian Jokowi mengatakan, akan mengkaji adanya keinginan para Purnawirawan TNI AD ini. Jokowi akan segera memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk mengetahui kemungkinan dilaksanakannya atau tidak keinginan tersebut.

"Saya tidak janji, karena tadi saya sampaikan bahwa APBN kita berada di posisi tidak mudah tapi pulang dari sini saya akan panggil Menteri Keuangan. Akan saya ajak itung-itungan, kalau nanti itung-itungan sudah final akan saya sampaikan kepada bapak ibu dan saudara-saudara sekalian," kata Jokowi

Para purnawirawan TNI dalam suatu pertemuan di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebelumnya diberitakan Ketua Umum PPAD Doni Monardo menyampaikan apa yang menjadi aspirasi anggota PPAD dalam Silatnas dan HUT ke 19 PPAD itu. Salah satunya yaitu permohonan agar Presiden Jokowi menambah tunjangan pensiun Purnawirawan di Indonesia.

"Bapak Presiden, mohon maaf kami harus menyampaikan pesan sponsor dari para senior. Termasuk dari para Tamtama dan Bintara Purnawirawan, mudah-mudahan pemerintah dan negara memiliki anggaran yang cukup, mohon kiranya berkenan untuk menambah tunjangan pensiun bagi para purnawirawan," kata Doni dalam sambutannya, di SICC Jumat 5 Agustus 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya