COVID-19 Meningkat, Luhut Sebut Belum Perlu Lakukan Lockdown

Menteri Koordinator Marves Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan paparannya dalam acara Silatnas Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat atau PPAD yang diadakan di Sentul, Jawa Barat, Jumat 5 Agustus 2022. Dalam kesempatan itu, Luhut menyampaikan bagaimana Pemerintah Indonesia menangani Pandemi COVID-19.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Luhut mengatakan, dalam menekan kasus positif COVID-19, tak lepas dari peran serta aparat TNI dan juga Polri. Kemudian diiringi oleh kebijakan pemerintah yang tepat agar pemulihan Pandemi dan pemulihan Ekonomi dapat berjalan beriringan.

"Jadi COVID-19 itu menurut hemat saya Itu sangat berpengaruh bagaimana kita menangani. Saya sudah sebutkan tadi peranan TNI Polri yang sangat bagus dan sehingga kita lihat sekarang Rumah Sakit, rawat inap terkendali, BOR rumah sakit masih terkendali," kata Luhut dalam paparannya, Jumat 5 Agustus 2022

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Ilustrasi masa pandemi.

Photo :
  • vstory

Menurut Luhut, saat ini memang kembali terjadi lonjakan COVID-19. Namun kondisi di Indonesia saat ini masih cukup baik dan masih dalam keadaan yang terkendali, sehingga belum perlu menerapkan lockdown.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

"Jumlah orang meninggal juga terkendali sehingga dengan demikian kita belum melakukan tindakan-tindakan yang seperti lalu lockdown belum akan kita lakukan," kata Luhut. 

Luhut juga mengagakan, dirinya telah berdiskusi dengan sejumlah ahli yang ada di Indonesia. Dia mengatakan penanganan COVID-19 di Indonesia masih berjalan sangat baik dan termasuk negara yang terbaik dalam menangani COVID-19.

Namun meski begitu, Luhut meminta para Purnawirawan dan umumnya kepada masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan. Selain itu juha agar tidak lupa mengikuti program vaksinasi secara lengkap sampai booster.

"Yang saya titip pada kita semua Purnawirawan, kita sudah mulai tua-tua, booster itu lakukan, kemudian 
masker itu di ruangan tertutup digunakan. Kemudian yang ketiga, cuci tangan itu dilakukan," ujarnya

Vaksinasi booster untuk lansia (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Dia juga meminta agar semua elemen masyarakat menggunakan aplikasi peduli lindungi sebagai bentuk mencegah penularan COVID-19.

"Terkendalinya pandemi mendorong meningkatnya belanja aktivitas masyarakat, semua kita angkanya masih baik. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tetapi kita sangat hati-hati melihat angka-angka ini," ujar Luhut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya