Reaksi Pengacara soal Komnas HAM Belum Yakin Pelecehan oleh Brigadir J

Pengacara Istri Irjen Sambo, Arman Hanis
Pengacara Istri Irjen Sambo, Arman Hanis
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

VIVA Nasional – Pengacara PC istri Irjen Ferdy Sambo yakni Arman Hanis menanggapi pernyataan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik yang belum meyakini adanya pelecehan seksual terhadap kliennya. Arman Hanis menegaskan bahwa peristiwa pelecehan seksual saksinya hanya PC selaku korban.

“Dugaan pelecehan seksual tersebut saksinya hanya klien kami dan J (Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat),” kata Arman saat dikonfirmasi wartawan pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Dalam Undang Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, kata Arman jelas diatur bahwa keterangan saksi korban dan ahli sudah cukup untuk meneruskan laporan kliennya dan harus dipercaya sampai terbukti sebaliknya.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Oleh karena itu Arman mengatakan kliennya akan memberikan keterangan apabila diundang oleh Komnas HAM. Namun kata dia dengan mempertimbangkan kondisi kliennya benar-benar pulih.

“Komnas HAM belum ada panggilannya. Insya Allah kalau dibutuhkan keterangannya dan kondisi klien kami memungkinkan, klien kami siap hadir,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik angkat bicara mengenai dugaan pelecehan seksual yang diduga dilakukan Brigadir J terhadap PC, istri mantan Kepala Divisi Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo.