Kebijakan Jokowi Dinilai Perkuat Peran UMKM Jaga Stabilitas Ekonomi

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA Nasional – Kebijakan strategis Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai terbukti mampu menguatkan peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam kehidupan masyarakat. Terutama dalam upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

RI Dibayangi Meningkatnya Persaingan Global, Luhut: Tak Ada yang Bisa Mendikte Kita

Ketua Labroratorium Kewirausahaan Universitas Jember, Choirul Saleh, mengakui era kepemimpinan Presiden Jokowi memberi perhatian yang sangat besar terhadap UMKM. Para pelaku usaha didorong agar terus berkembang dengan berbagai inovasi yang disusun pemerintah. 

Melalui berbagai kebijakan Presiden Jokowi, dia optimis UMKM dapat memperkuat sektor ekonomi nasional. Tidak heran jika stabilitas ekonomi nasional hingga kini relatif terjaga. 

Aset Kripto Jadi Salah Satu Strategi Pengembangan Ekonomi Digital RI, Ini Penjelasannya

“Akan sangat optimal saya yakin, akan muncul kesadaran-kesadaran kolaboratif, afiliasi, dan terus bersinergi UMKM akan menjadi luar biasa,” ujar Choirul. 

Presiden Jokowi di Silatnas PPAD

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Sri Mulyani: Ekonomi Global Diperkirakan Stagnan

Menurutnya pertumbuhan UMKM menjadi sebuah keniscayaan yang sulit dihindari. Sebab itu dia sangat mengapresiasi keseriusan Presiden Jokowi dalam membangkitkan semangat para pelaku UMKM melalui berbagai program yang dihasilkan. 

Namun di sisi lain, Choirul berharap agar semua pihak saling bersinergi untuk terus mendukung penguatan UMKM. Apalagi Presiden Jokowi senantiasa mengampanyekan kepada seluruh masyarakat Indonesia agar mencintai produk-produk dalam negeri.

“Bahwa pengembangan UMKM harus betul-betul didasarkan pada sinegisitas, bukan kepada individu,” imbau Choirul. 

Presiden Jokowi saat resmikan wajah baru Sarinah.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Kreatifitas para pelaku UMKM dalam menciptakan inovasi-inovasi baru produknya juga sangat diharapkan. Sebab dukungan maksimal pemerintah tanpa disertai dengan inovasi yang terus berjalan akan menjadi tidak optimal. 

“Semuanya harus didasarkan pada community product yang ada sesuai dengan potensi di wilayahnya masing-masing,” tukas Choirul.

Baca juga: Jokowi Ditemani Jan Ethes Hadiri Penutupan ASEAN Paragames

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya