Irjen Ferdy Sambo Diduga Ambil CCTV

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri
Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Inspektur Jenderal Polisi Ferdy Sambo diduga melanggar prosedur kasus penembakan ajudannya, Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Perbuatan Irjen FS yang diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam penanganan tindak pidana Brigadir J di Rumah Dinas Kadiv Propam Polri," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Sabtu 6 Agustus 2022.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

Photo :
  • dok Polri

Kata Dedi, hal ini diketahui dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh inspektorat khusus. Setelah irsus memeriksa kurang lebih 10 orang saksi, Irjen Sambo diduga melakukan pelanggaran terkait menyangkut masalah ketidakprofesionalan didalam olah Tempat Kejadian Perkara.

Dedi mengaku tidak mau terburu menyampaikan apa saja pelanggaran prosedur yang diduga dilakukan Irjen Sambo dalam kasus ini. Pasalnya, kata Dedi pemeriksaan sendiri belum rampung. Namun, dia mencontohkan soal diambilnya mamera Closed Circuit Television saat olah TKP sebagai salah satu contoh pelanggaran yang ada dalam kasus ini.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Photo :

"Tadi kan disebutkan, dalam melakukan olah TKP seperti Pak Kapolri (Jenderal Polisi Listyo Sigit) sampaikan terjadi misalnya pengambilan CCTV dan lain sebagainya," kata dia.

Sebelumnya, Personel Brimob berseragam lengkap memasuki gedung Badan Reserse Kriminal Polri, Sabtu 6 Agustus 2022 siang.

Mereka membawa senjata laras panjang juga ke sana. Terkait adanya sejumlah personel Brimob ini ke sana, Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Andi Rian pun buka suara. Kata dia, personel Brimob itu hadir ke sana untuk pengamanan wilayah gedung Bareskrim.

Brimob berseragam loreng di Bareskrim

Brimob berseragam loreng di Bareskrim

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

"Iya (Brimob hadir untuk pengamanan wilayah gedung Bareskrim)," kata dia kepada wartawan, Sabtu 6 Agustus 2022.

Sebagai informasi, aksi penembakan terjadi di rumah dinas Kadiv Propam Polri nonaktif, Irjen Pol Ferdy Sambo pada Jumat, 8 Juli 2022 lalu. Dalam insiden ini, Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat tewas karena menerima luka tembak.

Penembakan itu terjadi lantaran Brigadir J hendak melakukan pelecehan terhadap istri dari Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo. Selain itu, Brigadir J juga menodongkan senjata api berupa pistol ke arah kepala istri Kadiv Propam. Sontak, istri Kadiv Propam berteriak minta tolong.  

"Peristiwa itu terjadi ketika Brigadir J memasuki kamar Pribadi Kadiv Propam, dimana saat itu istri Kadiv Propam sedang istirahat, kemudian, Brigadir J melakukan tindakan pelecehan," kata Ramadhan dalam keterangannya di Gedung DivHumas Polri, Senin 11 Juli 2022.

"Akibat teriakan tersebut, Brigadir J panik dan langsung lari keluar dari kamar. Mendengar teriakan itu, Bharada E menghampiri dari arah atas tangga. Kemudian bharada E bertanya ada apa, direspon dengan tembakan oleh Brigadir J. Akibat tembakan tersebur terjadilah saling tembak, dan akibatnya Brigadir J meninggal dunia," ucap Ramadhan.