UAS Ingatkan Peran Orang Tua dalam Berbudaya dan Sopan Santun

Ustaz Abdul Somad (UAS) saat Tabligh Akbar peringatan tahun baru Islam 1444 Hijriah di Langkat, Sumatera Utara.
Sumber :
  • Dok. Pemprov Sumut

VIVA Nasional – Ustadz Abdul Somad (UAS) mengungkapkan, tantangan zaman yang dihadapi saat ini bisa mengarah ke degradasi berbudaya. Salah satu cara menghadapinya adalah melalui peran atau cara orang tua mendidik anaknya. Sehingga generasi selanjutnya tetap berbudaya dan bermoral.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Hal itu disampaikan UAS saat menjadi penceramah dalam Tabligh Akbar peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, di Lapangan Sepakbola Pangkalan Susu, Bukit Jengkol, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu malam, 8 Agustus 2022. Tabligh Akbar ini juga dihadiri Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahyamadi dan 10 ribuan jemaah.

"Berbudaya itu diturunkan dari orang tua, dari kebiasaan kita, tak bisa dua tiga bulan jadi itu tata krama dan sopan santun. Kalau orang tua membiarkan anaknya tak berbudaya, hilang sopan santun, tak tau tata kerama hancurlah kita," ucap UAS.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan UAS.

Photo :
  • Dok. Pemprov Sumut

Abdul Somad dalam ceramahnya juga sempat menceritakan asal muasal mengapa Istana Kesultanan Langkat disebut Darul Aman. Menurutnya karena daerah ini di bawah Kesultanan Langkat memang aman dan tentram.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

"Darul artinya rumah dan aman artinya aman, karena tempat ini memang aman dan damai. Kenapa? Tempat ini masih menjaga adat istiadat, tata krama, adat istiadat yang sejalan dengan syariat makanya sampai sekarang masih aman dan tentram," kata Abdul Somad dalam ceramahnya.

Keramaian Tabligh Akbar ini telah terlihat sepanjang jalan menuju Lapangan Sepakbola Pangkalan Susu. Masyarakat berbaris di pinggir jalan untuk menyapa Abdul Somad dan Edy Rahmayadi. 

"Luar biasa antusias masyarakat menyambut Ustaz Abdul Somad di sini. Sama seperti saya yang jauh-jauh datang dari Medan untuk mendapat tausiyah dari Ustaz Abdul Somad," kata Edy Rahmayadi saat memberikan sambutan.

Edy Rahmayadi berharap masyarakat Langkat khususnya Pangkalan Susu tetap menjaga keamanan dan ketentraman daerah ini.

"Tempat ini aman, damai, tentram. Begitu banyak kita berkumpul di sini, kalau dari laporan ketua panitia tadi sekitar 10 ribu dan acara ini berlangsung lancar. Tetap jaga itu, tetap pertahankan," kata Edy Rahmayadi, yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.

Tabligh Akbar ini juga dihadiri  Plt Bupati Langkat Syah Afandin, para tokoh-tokoh agama, masyarakat dan organisasi-organisasi kemasyarakatan Kabupaten Langkat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya