8 Agustus ASEAN Terbentuk, Ini Sejarah dan Para Pendirinya

Logo ASEAN
Logo ASEAN
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA Nasional – Setiap tahunnya, pada tanggal 8 Agustus, maka diperingati sebagai hari lahirnya sebuah organisasi besar yang beranggotakan negara-negara Asia Tenggara yang dinamakan ASEAN. ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang merupakan organisasi ekonomi dan geopolitik khusus untuk negara-negara di wilayah Asia Tenggara. 

Sejarah Berdirinya ASEAN

Logo ASEAN

Logo ASEAN

Photo :
  • Wikipedia

ASEAN didirikan di Bangkok pada 8 Agustus tepatnya di tahun 1967. Pembentukannya sendiri diprakarsai oleh lima negara yaitu Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura dan tentunya Indonesia. Penandatangan Declaration of Bangkok atau Deklarasi Bangkok menjadi dasar berdirinya ASEAN. 

Dibentuknya ASEAN diawali karena beberapa kesamaan negara-negara pendirinya, yang berkeinginan kuat menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera. Hal tersebut muncul akibat situasi perang dingin antara Amerika Serikat-Rusia yang secara tidak langsung membawa konflik hingga dampak stabilitas keamanan pada negara-negara di Asia Tenggara.

Lalu, pada era 1960-an kawasan Asia Tenggara juga dihadapkan pada situasi rawan konflik, yaitu perebutan pengaruh ideologi negara-negara besar dan konflik antar negara di kawasan. Contohnya, seperti konflik militer yang terjadi Laos, Vietnam, dan Kamboja. Ada pula konflik bilateral yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia, serta Kamboja dan Vietnam. Apabila dibiarkan, hal itu dapat mengganggu stabilitas kawasan sehingga menghambat pembangunan.

Maka, karena hal tersebut, ke lima negara pendiri memutuskan untuk bertemu di Bangkok pada 8 Agustus 1967 membahas berbagai persoalan dan solusi untuk masalah yang timbul di kawasan Asia Tenggara.