Muhadjir Bicara Soal SDM Indonesia dan Persaingan dengan Bangsa Lain

Menko Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ni Putu Putri Muliantari.

VIVA Nasional - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengajak semua pihak untuk mengatasi masalah ketersediaan pangan, masalah stunting dan peningkatan gizi untuk meningkatkan SDM Indonesia di masa depan.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

Muhadjir Effendy

Photo :
  • Biro Humas Kemensos

Tak Boleh Tertinggal

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Raih Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

“SDM Indonesia tidak boleh tertinggal dibandingkan dengan negara lain karena masalah pangan pokok dan tidak tercukupinya gizi untuk anak dan untuk ibu yang mempersiapkan kehamilan atau sedang hamil,” kata Muhadjir dalam sebuah diskusi yang digelar Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII), Rabu, 8 Agustus 2022.

Baca juga: Menko PMK Beri Penjelasan Soal Bansos Presiden yang Dikubur di Depok

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Harus Kerja Keras

Muhadjir mengatakan bangsa Indonesia harus kerja keras untuk menurunkan stunting yang ditargetkan turun sampai 14 persen pada tahun 2024. Ia juga menegaskan komitmen pemerintah untuk membangun kemandirian pangan.

"Kemandirian pangan sangat penting, maka sekali lagi saya mengajak kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan sekecil apa pun untuk menanam agar dapat berproduksi untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari," katanya.

"Jangan sampai ada lahan yang kosong, tanamlah sayur-sayuran dan buah-buahan, yang dapat dimanfaatkan  untuk asupan gizi anak kita. Kita menanam di manapun bisa tumbuh dan bisa kita panen," lanjutnya.

Anak-anak Penentu Wajah Masa Depan Indonesia

Ia juga menyatakan anak-anak adalah penentu wajah masa depan Indonesia. Kalau anak-anak sehat, cerdas, dan berakhlak mulia, maka bangsa Indonesia akan dapat bersaing dengan negara lain.

"Namun jika anak-anak kita masih banyak yang stunting, gizinya tidak baik, sekolahnya tidak sampai minimal pendidikan menengah, maka sulit bagi kita ke depan untuk bersaing dengan negara-negara maju," katanya.

Turunkan Stunting

Muhadjir mengajak Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia untuk bersinergi bersama pemerintah, pemerintah daerah, dan seluruh komponen masyarakat untuk menurunkan angka stunting beserta seluruh akar masalahnya dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia. Generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Ini harus betul-betul harus kita siapkan dengan baik,” ujarnya.

Keluarga, menurut Muhadjir, memiliki peran penting dalam mewujudkan kemandirian pangan pokok, karena keluarga merupakan unit terkecil di dalam masyarakat.

Muhadjir juga meminta kepada Konsorsium Koperasi Ketahanan Pangan, sebagai soko guru perekonomian agar dapat menampung hasil tanaman masyarakat, sehingga roda perekonomian akan terus menguat dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya