Rektor Untirta: Pra Ospek Mahasiswa Baru Inisiatif BEM, Tidak Resmi

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Prof. Fatah Sulaeman
Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Prof. Fatah Sulaeman
Sumber :
  • antara

VIVA Nasional – Pihak kampus telah memanggil BEM Universitas Tirtayasa (Untirta), Serang, Banten, untuk dimintai keterangan. Pihak panitia mengakui ada kelalaian dalam acara technical meeting atau pra ospek yang digelarnya. Rektorat juga mengaku tidak mengetahui ada kegiatan tersebut, karena tidak meminta izin terlebih dahulu ke pihak kampus.

"Jujur saja secara institusi itu tidak ada pra ospek. Dan mereka mengaku ada kelalaian sedikit dalam pelaksanaannya," kata Rektor Untirta, Profesor Fatah Sulaiman, di kantornya, Kamis, 11 Agustus 2022.

Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta) Banten

Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta) Banten

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

BEM Untirta juga menyampaikan bantahan ke pihak Rektorat bahwa tidak ada tudingan seperti yang ramai diperbincangkan di media sosial (medsos), seperti menjemur mahasiswa baru, pelarangan makan minum, hingga membatasi ibadah salat bagi mahasiswa yang beragama Muslim.

Rektorat juga mengaku telah menegur keras panitia beserta BEM Untirta, agar tidak melanggar peraturan yang ada selama ospek berlangsung.

"Ada argumentasi debatabel dari mereka, kalau pengakuannya sudah ada SOP. Sudah kita berikan peringatan keras untuk menjaga etika kemahasiswaan dan nilai-nilai kemanusiaan," terangnya.

Menurut pengakuan BEM ke Rektor Untirta, kegiatan pra ospek atau technical meeting yang digelar, merupakan inisiatif dari panitia, sehingga di luar agenda resmi kampus.