Indra Kenz Protes ke Jaksa: Binomo Kok Enggak Jadi Tersangka?

Kuasa hukum Indra Kenz atau Indra Kesuma, Brian Praneda
Kuasa hukum Indra Kenz atau Indra Kesuma, Brian Praneda
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Nasional – Kuasa hukum terdakwa Indra Kesuma alias Indra Kenz menyampaikan keberatan atau eksepsi atas dakwaan jaksa penuntut umum atas perkara penipuan investasi bodong Binary Option (Binomo).

Kuasa hukum Indra Kenz, Brian Praneda mengatakan keberatan dengan dakwaan jaksa penuntut umum Kejari Kota Tangerang Selatan yang menuntut perkara ini. 

Keberatan pertama terkait dengan kompetensi relatif, yakni kewenangan pengadilan untuk mengadili suatu perkara didasarkan pada tempat tinggal, tempat kediaman, domisili, alamat, lokasi para pihak yang bersengketa atau didasarkan pada dimana objek yang disengketakan berada.

Indra Kenz diserahkan ke Kejari Tangerang Selatan.

Indra Kenz diserahkan ke Kejari Tangerang Selatan.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

"Kompetensi relatif ini, karena jumlah saksi yang bertempat tinggal di wilayah Jakarta baik berjumlah 26, sedangkan di Tangsel 13. Dan saksi-saksi lainnya tersebar di seluruh wilayah indonesia," katanya di PN Tangerang, Jumat, 12 Agustus 2022.

Kedua, terkait dengan dakwaan tidak diterima lainnya, dimana seharusnya turut dilibatkan satu pihak lagi yaitu Binomo.

"Binomo kan sebagai terlapor utama. Dimana korban-korban ini mentransfer ke Binomo lalu  mendepositkannya, bukan kepada Indra. Jelas ada hubungan hukum, seharusnya Binomo diangkat sebagai pihak dalam perkara ini, yakni tersangka lalu sebagai terdakwa, tapi itu tidak terjadi disini," ujarnya.

Kemudian, yang terakhir korban melakukan kesepakatan atau perjanjian dengan Binomo sebelum mereka bisa trading di Binomo.

"Itu perlu diingat karena dengan adanya perjanjian antara pihak dan hubungan hukum antara korban dengan Binomo, apabila terjadi perselisihan sengketa wajib diselesaikan sesuai dengan apa yang tercantum dalam perjanjian," ungkapnya.

Sidang Indra Kenz digelar secara online

Sidang Indra Kenz digelar secara online

Photo :
  • VIVA/Sherly

Atas eksepsi yang diajukan kuasa hukum Indra Kenz, pihak jaksa penuntut akan memberikan jawaban atas eksepsi kuasa hukum terdakwa pada sidang berikutnya yang digelar 16 Agustus 2022 mendatang.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Agung Sutanto mendakwa Indra Kenz dengan dakwaan berlapis. Pertama, pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Pasal 4 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Kemudian, Pasal 45 ayat (2) Jo Pasal 27 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 45A ayat (1) Jo Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ketiga, Pasal 378 KUHPidana tentang penipuan.

Adapun jumlah korban investasi bodong binary option Binomo sebanyak 144 orang dengan kerugian Rp83 miliar.