Jangan Anggap Remeh Rekam Jejak Digital, Ada Dampak Baik-Buruknya

Ilustrasi bermedia sosial.
Ilustrasi bermedia sosial.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Nasional – Senior Trainer SEJIWA Hellen Citra Dewi mengingatkan pentingnya rekam jejak digital atau jejak aktivitas selama berselancar di internet. Sebab, bisa berdampak terhadap algoritma di dunia digital.

"Jangan anggap sepele rekam jejak digital karena itu bisa membawa pengaruh ke kehidupan kita baik dan buruknya. Cara merawat jejak digital kita adalah dengan bijak sebelum menulis, memeriksa jejak digital, bangun citra diri yang positif," kata Hellen dalam diskusi daring, saat Webinar Literasi Digital Makin Cakap Digital 2022 dengan tema Mengenal Algiritma Media Sosial, Jumat, 12 Agustus 2022.

Ilustrasi media sosial.

Ilustrasi media sosial.

Photo :
  • Pixabay

Hellen menambahkan algoritma media sosial merupakan suatu aturan matematika yang menentukan bagaimana pengguna akan melihat konten-konten di akun media sosial mereka. 

"Algoritma media sosial akan mengurutkan postingan-postingan berdasarkan feed dari relevansi konten yang diterbitkan untuk para pengguna tertentu yang sudah dipastikan oleh perilaku pengguna," tutur Hellen.

Perwakilan Mafindo Heka Rahma Yusianti mengatakan, Netiket atau Network Etiket adalah etika dalam berinteraksi di ruang digital. Etika digital adalah pedoman untuk menggunakan platform digital secara sadar dan bertanggung jawab.

"Juga termasuk berintegritas, dengan berinteraksi dan berkolaborasi positif di dunia digital. Etika ada karena kita adalah manusia," ujar Heka.