Sungai Cikaengan Garut Meluap, Jembatan Darurat Kembali Jebol

Jembatan darurat penghubung Desa Kadongdong dan Padahurip, Garut, jebol.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat (Garut)

VIVA Nasional – Intensitas hujan tinggi mengakibatkan jembatan darurat penghubung Desa Kadongdong dan Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut Jawa Barat jebol. Jembatan darurat tersebut sebelumnya dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat usai jembatan jebol saat banjir bandang yang terjadi Jumat, 15 Juli 2022 malam lalu.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Kapolsek Banjarwangi, Iptu Amirudin Latif mengatakan bahwa hujan deras sejak sore mengakibatkan Sungai Cikaengan meluap. Jembatan darurat penghubung Desa Kadongdong – Padahurip (cibitung), Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut Jawa Barat kembali jebol Jumat, 12 Agustus 2022 petang sekitar pukul 17.00 WIB.

"Hujan turun cukup besar sehingga jembatan darurat yang dibangun warga kini jebol terbawa arus air Sungai Cikaengan," ujarnya, Jumat, 12 Agustus 2022 malam.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Jembatan darurat penghubung Desa Kadongdong dan Padahurip, Garut, jebol.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat (Garut)

Pihaknya langsung terjun ke lokasi kejadian jebolnya jembatan darurat untuk memastikan tidak korban dalam peristiwa tersebut. Laporan sementara selain jembatan darurat jebol, badan jalan dan areal pesawahan terdampak banjir.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

"Sementara ini akibat banjir bandang yang terlaporkan selain jembatan ada jalan dan sawah, sementara korban jiwa maupun rumah tidak terlaporkan," ujar Amirudin.

Amirudin melanjutkan, warga Kampung Cibitung seluruhnya sudah diungsikan ke tempat aman, untuk menghindari banjir bandang menerjang perkampungan. Pihaknya tetap meminta masyarakat untuk selelau waspada, namun tenang.

Ilustrasi hujan

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar

"Jadi kami mengingatkan warga agar tenang tidak panik, sementara untuk warga Kampung Cibitung sudah mengosongkan rumah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya