HUT ke-72 Jateng, Ribuan Seniman Desa Akan Tampil di CFD Simpang Lima

Simpang lima Semarang
Sumber :
  • tamankita.wordpress.com

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak masyarakat menyaksikan ribuan seniman desa yang akan tampil dalam acara Gamelan Kolosal di Simpang Lima, Kota Semarang, Minggu, 14 Agustus. Para seniman tersebut tampil dalam rangka memeriahkan HUT Jateng ke-72. 

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Ganjar menjelaskan, sebanyak 1.050 seniman desa yang terdiri dari 450 penari jaranan dan 600 pengrawit akan tampil. Dalam rangkaian acara itu, ada juga flashmob jaranan yang bisa diikuti semua masyarakat. 

"Ayo ajak teman, tetangga dan keluargamu untuk datang. Kita sama-sama gembira merayakan Hari Jadi Jawa Tengah yang ke-72," kata Ganjar dalam keterangannya, Sabtu, 13 Agustus 2022.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

"Seribu seniman desa kepung Simpang Lima. Ada 30 kelompok gamelan dan jaranan yang bakal tampil. Ada juga flashmob jaranan yang bisa kamu ikuti," sambung Mantan Anggota DPR RI yang akan turut menyaksikan acara itu. 

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Gamelan Kolosal juga akan dimeriahkan penampilan ribuan siswa SMA/SMK yang ikut menari flashmob jaranan bersama para seniman. Mereka akan bersama-sama menyemarakan acara yang diiringi alat musik tradisional gamelan itu mulai pukul 06.00 WIB.

Agung Wahyu Utomo, Pimpro Gamelan Kolosal mengatakan, semua seniman sangat antusias tampil sebagai bentuk ucapan terimakasih atas perhatian Pemprov Jateng, khususnya Ganjar dalam pelestarian kebudayan.

Sejumlah pengendara di jalan Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Menurut Agung, hampir semua desa di Jateng mendapatkan bantuan seperangkat gamelan perunggu dari Gubernur Jateng itu. 

"Ini yang datang baru 30 grup, sebetulnya masih banyak lagi yang kepengin hadir dan merayakan karena desa yang dibantu pak gubernur kan ada ribuan ya, tapi terkendala mepetnya persiapan," terangnya. 

Tak hanya seniman Jateng, akan tampil juga beberapa seniman tradisional Jawa dari berbagai daerah di Indonesia seperti Sumut, Sumsel, san Jambi. Mereka tampil secara streaming dan disiarkan saat acara.

Baca juga: Perintah Ganjar Ambil Alih Pemerintahan Usai Bupati Pemalang kena OTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya