Gempa 5,9 SR Guncang Halmahera Barat

Ilustrasi gempa Bumi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengatakan, bahwa telah terjadi gempa bumi di wilayah Halmahera Barat, pada Minggu, 14 Agustus 2022. 

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Berdasarkan dari keterangan laman bmkg.go.id, kejadian gempa bumi pukul 09.47 WIB. Dengan kekuatan gempa 5,9 SR. Kejadian gempa bumi yakni pada 1.86 Lintang Utara, 126.44 Bujur Timur, dan 10 kilometer untuk kedalaman gempa tersebut. 

Peta gempa Maluku (Ilustrasi)

Photo :
  • BMKG
BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Gempa itu persisnya di 139 km Barat Laut, Halmahera Barat, Maluku Utara, 144 km Barat Laut Jailolo Maluku Utara, 153 KM Timur Laut Bitung, Sulawesi Utara, 157 KM Barat Laut Ternate, Maluku Utara, dan 2355 km Timur Laut Jakarta. 

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai korban akibat dari gempa bumi yang terjadi di wilayah Halmahera tersebut. Namun demikian, BMKG memastikan gempa ini tidak menimbulkan adanya bencana tsunami. 

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tulisnya. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024