Mahfud Bongkar Akal Bulus Irjen Sambo: Nangis dan Ngaku Didzolimi

Irjen Pol Ferdy Sambo
Irjen Pol Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Menkopolhukam Mahfud MD bongkar sandiwara mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo yang viral sempat menangis dan berpelukan dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran usai kejadian di rumah dinasnya yang menewaskan Brigadir J.

Dari pengakuan beberapa jenderal yang dipanggil Irjen Ferdy Sambo ke kantornya, kata Mahfud ternyata aksi tangis tersebut merupakan akal bulusjenderal bintang dua itu agar rekan sejawatnya iba dan empati serta percaya terhadap kejadian yang sedang menimpanya.

Kadiv Popam Irjen Ferdy Sambo dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Kadiv Popam Irjen Ferdy Sambo dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Photo :
  • vstory

"Ada skenario drama melankolis, jadi memang pada hari Senin sebelum peristiwa diumumkan, Pak Sambo memangil beberapa orang termasuk dari Kompolnas satu dipanggil, lalu nangis Pak sambo, aduh saya ini di dzolimi, istri saya dilecehkan terus nangis enggak menjelaskan hal lain sehingga menciptakan kondisi seolah-olah orang percaya," ujar Mahfud dalam acara ILC yang dikutip VIVA, Senin 15 Agustus 2022.

Mahfud menambahkan, pemanggilan para senior Polri olej Jenderal ferdy Sambo ternyata bukan satu hari melainkan dua hari. Drama dan akting yang dilakukan Sambo kepada mereka juga sama, terus-terusan menangis.

Putri Candrawati dan Ferdy Sambo

Putri Candrawati dan Ferdy Sambo

Photo :
  • Istimewa

 
"Lalu mamnggil orang-orang lain lagi ada 5 orang yang dan menangis dengan cara yang sama sehingga orang menjadi percaya. Saya sudah cek ke setiap orang yang dipanggil, iya kalimatnya sama cuma nangis mondar-mandir di meja, (bicara) saya didzolimi, saya di didzolimi," ucap Mahfud menirukan pengakuan para polisi yang dipanggil ke ruang kerja Sambo.

Selain itu, ada juga perkataan Sambo dalam skenarionya yang mau tembak mati jika ada orang yang melakukan pelecehan terhadap istrinya.

Irjen Ferdy Sambo saat diperiksa di Bareskrim Polri

Irjen Ferdy Sambo saat diperiksa di Bareskrim Polri

Photo :
  • ANTARA

"(Dia bilang) Kalau ada saya disitu saya tembak sendiri sampai mati parah," kata Mahfud lagi.

Sebelumnya, Irjen Fadil sempat bertemu dengan Ferdy Sambo sebelum Ferdy ditetapkan sebagai tersangka atau pasca kasus Brigadir J mencuat ke publik beberapa waktu lalu.  Momen pertemuan dua perwira tinggi (Pati) asal Sulawesi tersebut pun terekam kamera. 

Diduga, pertemuan itu terjadi di ruang kerja Ferdy Sambo di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Rabu, 13 Juli 2022. Video pertemuan Irjen Fadil dengan Ferdy Sambo berdurasi 24 detik itu pun viral di media sosial. 

Dalam video tersebut terlihat kedatangan Irjen Fadil disambut langsung oleh Ferdy Sambo. Keduanya tampak bersalaman, kemudian berpelukan.

Raut wajah Ferdy Sambo terlihat sedih. Fadil pun terlihat menguatkan Ferdy Sambo. Ia memeluk, mengusap pundak, hingga mencium kening Ferdy Sambo. 

Sementara Ferdy Sambo terlihat mencoba tegar. Raut wajahnya tampak menahan kesedihan. Fadil mengatakan pertemuan itu semata-mata untuk memberikan dukungan kepada Ferdy Sambo yang sudah dianggapnya seperti saudara.