Kabareskrim: Timsus Kasus Ferdy Sambo Cari ini di Magelang

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.
Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Tim Khusus Polri mulai menyisir dan mengusut peristiwa yang terjadi di Magelang, Jawa Tengah. Mengingat yang terjadi di sana, disebut jadi pemicu kemarahan eks Kadiv Propam, Irjen Pol Ferdy Sambo berujung pembunuhan berencana kepada ajudannya Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

"Timsus sedang ke Magelang untuk menelusuri kejadian di sana agar secara utuh kejadian bisa tergambar," kata Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto dalam keterangannya, Minggu malam 14 Agustus 2022.

Kapolri dan Kabareskrim

Kapolri dan Kabareskrim

Photo :
  • ANTARA

Hal tersebut, kata Agus, sebagaimana pengakuan Ferdy Sambo yang sempat mengaku kepada penyidik, bila alasannya tega menghabisi nyawa Brigadir J, sebagaimana tindakan yang melukai harkat dan martabat istri dan keluarganya.

"Faktor pemicu kejadian sebagaimana diungkapkan Pak FS," ujar Agus.

Meski demikian, Agus belum mau merincikan apa yang dikejar Penyidik Tim Khusus ke Magelang. Namun hal tersebut, lanjut Agus, adalah fakta yang dapat membuat kasus ini terang benderang. 

Kabareskrim Komjen Agus dan Kavid Humas Polri Irjen Dedi

Kabareskrim Komjen Agus dan Kavid Humas Polri Irjen Dedi

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

Agus menuturkan, meski laporan pelecehan yang dilaporkan PC, Istri Irjen Sambo telah di SP3 atau dihentikan penyidikannya. Akan tetapi insiden Magelang soal istrinya ini telah masuk dalam satu rangkaian peristiwa yang diduga jadi penyulut kemarahan Mantan Kadiv Propam tersebut.

"Yang pasti hal dibutuhkan penyidik lah. Rangkaian peristiwanya begitu kan gak bisa kita hilangkan," ujarnya.

"Yang pasti tau apa yang terjadi ya Allah SWT, Alm (Brigadir J) dan bu PC. Kalaupun Pak FS dan saksi lain seperti Kuat, Riki, Susi dan Richard hanya bisa menjelaskan sepengetahuan mereka," tambahnya.

Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir Yosua atau Brigadir J

Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir Yosua atau Brigadir J

Photo :
  • tvOne

Kendati demikian, Agus mengatakan jika keberangkatan penyidik ke Magelang, tidak turut mengajar Istri Irjen Ferdy Sambo, PC. Tim hanya berbekal keterangan yang sudah dikantongi dari berbagai saksi yang mengetahui peristiwa di Magelang.

"Tidak. Kita juga mendasari keterangan yang bersangkutan juga dalam proses penyidikan yang kami lakukan," tuturnya.

Sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto mengindikasikan tidak ada peristiwa pelecehan terhadap Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo saat Brigadir J ditembak oleh Bharada E di Kompleks Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Agus menyebutkan, indikasi ini terungkap dari hasil gelar perkara yang dipimpin langsung olehnya pada Jumat siang di Bareskrim Polri.

“Saat pimpin gelar tadi, berdasarkan paparan Dirtipidum, semua saksi kejadian menyatakan Brigadir Josua almarhum tidak berada di dalam rumah,” kata Agus di Jakarta, Jumat.

Jenderal bintang tiga itu menyebutkan, Brigadir J masuk ke dalam tempat kejadian perkara (TKP) rumah dinas di Kompleks Duren Tiga Nomor 46 tersebut setelah dipanggil oleh Ferdy Sambo.

“Almarhum J masuk saat dipanggil ke dalam oleh FS,” ungkap Agus.