Daftar 15 Polisi yang Dikurung Terseret Kasus Ferdy Sambo

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri
Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri
Sumber :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Nasional – Penyidik Inspektorat Khusus (Itsus) menahan 15 anggota polri atas dugaan pelanggaran etik kepolisian. Sejumlah anggota polisi telah diamankan lantaran terseret kasus Ferdy Sambo. Sejumlah anggota polisi ini pun ditahan di tempat khusus (patsus).

Para anggota polisi ini diduga tidak professional dalam menangani kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadi J yang tewas ditembak Bharada E di rumah kediaman Irjen Ferdy Sambo, Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Diketahui jika total anggota polisi yang ditahan di tempat khusus itu berjumlah 16. Satu dari sejumlah personel polisi itu merupakan mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Ia pun telah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah menjadi tahanan.

Anggota polisi yang dikurung atas kasus Ferdy Sambo

Infografik Pengakuan Ferdy Sambo

Infografik Pengakuan Ferdy Sambo

Photo :

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan jika 16 personil di antaranya ditempatkan di tempat khusus. Juga terdapat empat pamen Polda Metro Jaya yang juga ditempatkan di tempat khusus.

“Untuk patsus saat ini total 16 orang, terdiri enam orang patsus di Mako dan 10 orang patsus di Provost,”kata Dedi dikutip dari tvonenews.com Senin, 15 Agustus 2022.

Selain Ferdy Sambo, ada sejumlah anggota polisi yang dikurung dan di tempatkan khusus. Para anggota polisi yang ditahan tempat khusus dari Mako Brimob Depok yakni, Brigjen Hendra Kurniawan - Karo paminal Divisi Propam, Brigjen Benny Ali - Karo Provos Divisi Propam, Kombes Agus Nurpatria - Kaden A Biropaminal Divisi Propam, Kombes Susanto - Kabaggakum Biro Provos Divisi Propam, dan AKBP Jerry Raymond Siagian - Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Sementara itu, anggota polisi yang ditahan atas kasus Ferdy Sambo dari Provost Mabes Polri yakni AKBP Arif Rahman Arifin - Wakaden B Biropaminal Divisi Propam, AKBP Ari Cahya Nugraha - Kanit 1 Subdit 3 Dittipidum Bareskrim, Kompol Baiquni Wibowo - PS Kasubbagriksa Baggaketika Rowabprof Divisi Propam, AKBP Ridwan R Soplanit - Kasat Reskrim Polres Jaksel.

Selain itu ada Kompol Chuk Putranto - PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabprof Divisi Propam, AKP Rifaizal Samual - Kanit 1 Satreskrim Polres Jaksel, Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Handik Zusen, Kasubdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah, Kasubdit Renakta Polda Metro Jaya AKBP Pujiyarto, dan Kanit 2 Jatanras Polda Metro Kompol Abdul Rohim.