Rumah Ferdy Sambo di Magelang Dijaga Ketat Polisi

Komplek rumah Irjen Ferdy Sambo di Magelang
Sumber :
  • tvOne

VIVA Nasional – Tim khusus (timsus) Bareskrim Polri hari ini melakukan pemeriksaan di salah satu rumah milik mantan Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo di Magelang, Jawa Tengah. Kedatangan timsus ke Magelang ini untuk mengusut motif dari Ferdy Sambo merencanakan pembunuhan terhadap Brigadir Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Diketahui, Irjen Ferdy Sambo yang merupakan tersangka pembunuhan Brigadir Yoshua memiliki rumah di Cempaka Residence di Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Komplek rumah Irjen Ferdy Sambo di Magelang

Photo :
  • tvOne
Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Rumah Magelang menjadi salah satu lokasi yang turut diselidiki Bareskrim, menyusul pengakuan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi yang memicu kemarahan Ferdy Sambo. 

Lebih jauh, Ferdy Sambo dalam BAP menuturkan bahwa tindakannya menghabisi nyawa Yoshua karena Yoshua dianggap telah melecehkan harkat dan martabat keluarganya.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Ihwal kegiatan timsus Bareskrim Polri yang akan turun melakukan pemeriksaan di komplek perumahan elit milik Irjen Sambo di Desa Banyurojo, Magelang, hari ini, pemerintah desa setempat mengaku belum mendapat pemberitahuan dari aparat terkait.

"Belum ada pemberitahuan," kata Sekretaris Desa Banyurojo, Agus Firmansyah, Senin, 15 Agustus 2022.

Irjen Pol Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pantauan tvOne, rumah Ferdy Sambo yang berada di Cempaka Residence, Blok C, RT 07/RW 08, Kecamatan Mertoyudan, Magelang, mendapat pengawalan ketat aparat Kepolisian dan tidak semua orang diizinkan masuk ke dalam komplek perumahan tersebut, termasuk awak media. 

Sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan tim Khusus Polri mulai menyisir dan mengusut peristiwa yang terjadi di Magelang, Jawa Tengah.  

"Timsus sedang ke Magelang untuk menelusuri kejadian disana agar secara utuh kejadian bisa tergambar," kata Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto dalam keterangannya, Minggu 14 Agustus 2022.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Photo :
  • Tangkapan layar

Hal tersebut, kata Agus, sebagaimana pengakuan Ferdy Sambo yang sempat mengaku kepada penyidik, bila alasannya tega menghabisi nyawa Brigadir J, sebagaimana tindakan yang melukai harkat dan martabat istri dan keluarganya. "Faktor pemicu kejadian sebagaimana diungkapkan Pak FS," ujar Agus.

Meski demikian, Agus belum mau merincikan apa yang dikejar Penyidik Tim Khusus ke Magelang. Namun hal tersebut, lanjut Agus, adalah fakta yang dapat membuat kasus ini terang benderang. 

Agus menuturkan, meski laporan pelecehan yang dilaporkan Putri Candrawathi, Istri Irjen Sambo telah di SP3 atau dihentikan penyidikannya. Akan tetapi insiden Magelang telah masuk dalam satu rangkaian peristiwa yang diduga jadi penyulut kemarahan Mantan Kadiv Propam tersebut.

"Yang pasti hal dibutuhkan penyidik lah. Rangkaian peristiwanya begitu kan gak bisa kita hilangkan," ujarnya.

"Yang pasti tau apa yg terjadi ya Allah SWT, Alm (Brigadir J) dan bu PC. Kalaupun Pak FS dan saksi lain seperti Kuat, Riki, Susi dan Richard hanya bisa menjelaskan sepengetahuan mereka," tambahnya.

Laporan Eddy Suryana/tvOne Magelang

Baca juga: Viral Video Brigadir J dan Ferdy Sambo Bermain Basket

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya