Mahfud Bocorkan Omongan Sambo: Saya Tembak Sendiri Sampai Mati Parah

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri
Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri
Sumber :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Nasional – Ada pernyataan mengejutkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ke Kompolnas dan para jenderal Polri usai peristiwa berdarah di rumah dinasnya di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan 8 Juli 2022 lalu.

Saat masih menjabat Kadiv propam, Ferdy Sambo diketahui mengundang sejumlah jenderal polisi termasuk Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk datang ke kantornya, tujuannya mau mengutarakan terkait tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri

Irjen Ferdy Sambo di Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

Ferdy Sambo membuat skenario sendiri seolah-olah adanya pelecehan terhadap istrinya, Putri Candrawathi yang diduga dilakukan oleh Brigadir J hingga berujung aksi tembak menembak. Cerita ini disampaikan oleh Ferdy untuk membuat rekan seprofesinya empati dan kasihan dengan apa yang dialaminya.

Namun skenario palsu Ferdy Sambo akhirnya terbongkar. Tak ada peristiwa tembak menembak, yang ada malah pembunuhan berencana.

Menkopolhukam Mahfud MD menjelaskan jika ucapan Ferdy Sambo akan menembak sendiri Brigadir J jika dia berada di lokasi ini disampaikan kepada Kompolnas dan beberapa jenderal saat skenarionya belum terbongkar.

Menko Polhukam, Mahfud MD

Menko Polhukam, Mahfud MD

Photo :
  • Tangkapan layar

"(Dia bilang) Kalau ada saya disitu saya tembak sendiri sampai mati parah," kata Mahfud seperti dikutip VIVA dari ILC, Senin 15 Agustus 2022.

Begini pernyataan lengkap Mahfud soal skenario Ferdy Sambo:

Ada skenario drama melankolis, jadi memang pada hari Senin sebelum peristiwa diumumkan, Pak Sambo memangil beberapa orang termasuk dari Kompolnas satu dipanggil, lalu nangis Pak sambo, aduh saya ini di dzolimi, istri saya dilecehkan terus nangis enggak menjelaskan hal lain sehingga menciptakan kondisi seolah-olah orang percaya.

Lalu memanggil orang-orang lain lagi ada 5 orang yang dan menangis dengan cara yang sama sehingga orang menjadi percaya. Saya sudah cek ke setiap orang yang dipanggil, iya kalimatnya sama cuma nangis mondar-mandir di meja, (bicara) saya didzolimi, saya di didzolimi

(Dia bilang) Kalau ada saya di situ, saya tembak sendiri sampai mati parah.

Seperti diketahui, Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan dan menetapkan dua tersangka baru atas kematian Brigadir J. Tersangka tersebut ialah Irjen Pol Ferdy Sambo dan KM selaku sopir dari istri Ferdy Sambo.

"Timsus telah menetapkan saudara FS sebagai tersangka terkait dengan pasal apa yang disangkakan dan proses penyelidikannya nanti akan dijelaskan secara khusus oleh Kabareskrim dan sejumlah penyidik," kata Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi persnya kepada awak media di Gedung Mabes Polri, dikutip Rabu 10 Agustus 2022.  

Dalam pengumuman penetapan tersangka tersebut, terlihat 10 jenderal menemani Kapolri saat melakukan konferensi pers di Gedung Rupatama, Mabes Polri hari Selasa 9 Agustus 2022.