Gudang Minyak Diduga Ilegal di Jambi Terbakar, Pemilik Diburu

Lokasi gudang minyak yang terbakar di jalan lingkar barat Kota Jambi
Sumber :
  • ANTARA/Nanang Mairiadi

VIVA Nasional – Sebuah gudang minyak diduga ilegal yang berada di tepi jalan lintas Sumatera atau tepatnya di Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi meledak dan terbakar.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Informasi dihimpun VIVA, meledaknya gudang minyak diduga dari puntung rokok. Saat terbakar diketahui ada puluhan tangki drum tempat penyimpanan minyak ilegal, belasan ganset dan puluhan unit drum bulat berisi minyak.

Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi mengatakan, pihaknya masih menyelidiki terbakarnya gudang minyak tersebut. Namun sementara penyebabnya diduga karena korsleting listrik ganset.

Deretan Negara Arab Ini ternyata Tolak Embargo ke Israel, Kok Bisa?

"Pemilik gudang inisial E yang saat ini masuk dalam daftar pencarian orang dan semoga pelaku ditangkap," katanya, Senin, 25 Agustus 2022.

Eko menyebutkan, akibat terbakarnya gudang tersebut, minyak sampai meleleh ke jalan besar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

"Saat api membesar, minyak sempat tumpah ke jalan besar hingga mengeluarkan api dan beruntung pengendara tidak ada lewat saat minyak tumpah,” ucapnya.

Tak hanya itu, akibat kebakaran ini, beberapa bangunan di sekitar juga terkena dampaknya karena ikut terbakar.

Salah satunya toko Jaya Abadi Teknik yang berada tepat di sebelah gudang minyak. Toko tersebut ikut hangus terbakar dan kerugian itu mencapai ratusan juta rupiah. 

"Sebelah toko kami yang bersebelahan langsung dengan gudang minyak, ikut hangus terbakar seperti genset, atap, kaca, dinding, ac dan pipa air," ujar karyawan toko.

Barang bukti yang diamankan di tempat kejadian berupa empat unit mobil tangki, 70 tangki drum, ganset 13 unit, drum bulat 56 unit hangus terbakar.

Terpisah, Kepala Damkar Jambi, Feriadi mengatakan, saat terjadinya kebakaran, pihaknya langsung menurunkan belasan mobil pemadam kebakaran. Setelah dua jam proses pemadaman, api baru bisa dipadamkan.

"Kejadian kebakaran tepat seni pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB dan api baru bisa dijinakkan sekitar pukul 11.30 WIB. Beruntung atas peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa," terangnya. 

Ketua RT setempat, Nazwan Efendi saat dikonfirmasi tidak tau apakah gudang yang terbakar berisi minyak ilegal atau bukan.

"Saya tahu ada aktivitas minyak namun saya tidak tahu apakah minyak ilegal dan pemilik gudang yang sering dipanggil namanya Pandu dan sudah dua tahun beraktivitas minyak di dalam gudang," katanya.

Baca juga: Gudang Minyak di Jambi Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya