Paskibraka Kini Ditangani BPIP, Menpora: Tak Masalah

Menpora RI Zainudin Amali.
Sumber :

VIVA Nasional – Pembinaan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) saat ini tak lagi ditangani oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kemenpora. Saat ini, pembinaan Paskibraka ditangani oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Pentingnya Ideologi Pancasila dalam Kehidupan Santri

Menurut Zainudin, pembinaan Paskibraka di bawah BPIP itu tak menjadi masalah besar. Kemenpora, menurutnya akan tetap mendukung segala bentuk kegiatan dalam rangka pembinaan Paskibraka.

"Mulai tahun ini persiapan untuk Paskibraka di tingkat nasional di BPIP, ada Perpres-nya ya, kalau dulu di tempat kami (Kemenpora) sekarang sudah di BPIP, tapi bagi kami tidak ada masalah sama saja, tetap support, untuk ke daerah juga kami sudah buat daerah ke seluruh Kadispora-Kadispora di indonesia, untuk memberikan dukungan, baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi," kata Zainudin usai pengukuhan Paskibrakan tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 15 Agustus 2022.

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

Pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Jokowi

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, para anggota Paskibraka tersebut juga mendapatkan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) oleh BPIP.

37 Pemain Diaspora Dicoba untuk Timnas Indonesia U-16

Zainudin mengatakan, untuk pelatihan Paskibraka, tidak ada yang berubah, semua masih ditangani oleh Garnisun TNI. Sehingga, pembinaan Paskibraka ini tidak akan berbeda jauh dari proses-proses pembinaan sebelumnya.

"Saya kira sama, karena yang menangani dari Garnisun, jadi baik Kemenpora maupun BPIP hanya memfasilitasi tapi pelatihan langsung ditangani Garnisun jadi tidak ada perubahan apa-apa,  kata Zainudin.

Pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Jokowi

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Dia juga menambahkan, pada hari ini telah dikukuhkan sebanyak 68 orang pasukan pengibar bendera pusaka. Mereka akan dibagi menjadi dua dan ada yang bertugas untuk mengibarkan bemdera pusaka, dan ada yang bertugas untuk menurunkan bendera pusaka.

Zainudin berharap para anggota Paskibra yang telah dikukuhkan hari ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik. "Mudah-mudahan anak-anak kita bisa bertugas dengan baik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya dan mereka dalam kondisi yang sehat dan fit," kata Zainudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya