Komnas HAM Didatangi Tiga Jenderal saat Cek Rumah Dinas Ferdy Sambo

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Nasional – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) rampung mengecek tempat kejadian perkara (TKP) penembakan Brigadir Nofryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas mantan kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Pol Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin, 15 Agustus 2022.

Dalam pengecekan TKP tersebut, tiga jenderal polisi, yakni Inspektur Pengawasan Umum sekaligus Ketua Tim Khusus (timsus) Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, dan Kepala Biro Penerangan Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, ikut datang ke lokasi kejadian.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan, kedatangan Agung dan dua jenderal lainnya dalam pengecekan TKP itu dalam rangka memberikan akses bagi Komnas HAM untuk bekerja dan mengungkap kasus tewasnya Brigadir J secara terang-benderang.

Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol Ferdy Sambo

Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam kesempatan tersebut, Beka juga menegaskan bahwa kedatangan Agung merupakan bentuk bahwa tidak adanya upaya memengaruhi penyelidikan tewasnya Brigadir J yang juga dilakukan Komnas HAM.

"[Komjen Agung] datang sebagai ketua Timsus. Jadi tidak adanya upaya memengaruhi segala macam karena mereka tidak terlibat, jadi hanya ingin menyambut Komnas HAM, dan mempersilakan, juga memberi akses--itu saja," katanya.

Pengusutan kasus penembakan yang menewaskan Brigadir Nofryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J pada 8 Juli 2022 masih terus bergulir.