Sidang Tahunan MPR, Penjagaan Kompleks DPR Diperketat

Suasana Pengamanan SIdang Tahunan 2022 di Komplek Paralemen
Sumber :
  • VIVA/ Ahmad Farhan Faris

VIVA Nasional – Pengamanan di kawasan Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat diperketat. Sejumlah aparat keamanan termasuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada Selasa, 16 Agustus 2022, nampak berjaga-jaga di gedung wakil rakyat tersebut. 

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Untuk diketahui, Selasa 16 Agustus 2022 hari ini memang dilaksanakan Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD RI.

Personel TNI dan Polri bersenjata ?lengkap pun telah siaga di pintu-pintu masuk Komplek Parlemen. Para tamu undangan terpantau mulai berdatangan. Akses untuk orang yang masuk ke Gedung DPR diwajibkan membawa undangan ataupun ID khusus Sidang Tahunan. Juga diperketat dan dilengkapi metal detector.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Tampak, tim keamanan baik dari Kepolisian Republik Indonesia, TNI, Paspampres dan pengamanan dalam (Pamdal) DPR sudah berjaga-jaga serta menyebar di seluruh area Kompleks Parlemen Senayan.

Sejumlah menteri dan tamu undangan dari negara sahabat, serta Pimpinan MPR, DPR dan DPD RI tampak sudah mulai berdatangan. Kemudian, setiap tamu undangan yang hendak masuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh Pasukan Pengamanan Presiden.

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

Sebelumnya diberitakan, ribuan personel gabungan dikerahkan untuk mengawal agar jalannya Sidang Tahunan MPR dan pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI digelar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa, 16 Agustus 2022.

"Lebih 3.000 personel disiapkan," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Komarudin pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Personel gabungan itu terdiri dari unsur Polri, TNI, juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mereka disiagakan di sekitar kawasan Gedung DPR/MPR.

Menurut Komarudin, personel yang diterjunkan guna mengawal keamanan jalannya sidang ini bakal berjaga sejak pagi hingga acara rampung. Dalam pengamanan ini, personel kepolisian berpakaian nonseragam pun diterjunkan.

"Untuk rangkaian kegiatan dari pagi hingga malam," kata dia.

A. Berikut ini adalah susunan acara Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka HUT ke77 Kemerdekaan RI

09.28-09.30 WIB Presiden RI, Wakil Presiden RI, Ketua MPR RI, Ketua DPR RI dan Ketua DPD RI memasuki Ruang Rapat Paripurna

09.35-09.38 WIB Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Ketua MPR RI

09.38-09.58 WIB Pembukaan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 Pidato Pengantar Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 oleh Ketua MPR RI

09.58 -10.18 WIB Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPR RI

10.18-11.03 WIB Pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-lembaga Negara dan Pidato dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI

13.35-13.50 WIB Pidato Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023 oleh Ketua DPR RI

13.50-14.35 WIB Pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian pengantar/keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya.

14.35-14.50 WIB Penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan dan dokumen pendukung dari Presiden RI kepada Ketua DPR RI, dilanjutkan dengan penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya serta surat permintaan pertimbangan dari Ketua DPR RI kepada Ketua DPD RI

14.50-14.57 WIB Pembacaan Do’a (Dr. H. Jefry Romdonny, Anggota DPR F. Gerindra)

14.57-15.02  WIB Penutupan Rapat Paripurna oleh Ketua DPR RI

15.02-15.07 WIB Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diiringi Korsik Mabes Polri

15.07 WIB Presiden RI, Wakil Presiden RI dan Pimpinan DPR RI meninggalkan Ruang Rapat Paripurna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya