LPSK soal Penawaran Amplop dari Staf Ferdy Sambo: Bisa Cek CCTV

Petugas LPSK saat mendatangi kediaman Irjen Ferdy Sambo
Petugas LPSK saat mendatangi kediaman Irjen Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Nasional – Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Edwin Partogi menyatakan, pihaknya dapat memastikan adanya tawaran dua amplop berwarna cokelat dari staf mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo kepada petugasnya. 

Edwin mengatakan penyidik bisa mengecek rekaman CCTV di kantor Propam Polri untuk memastikan ada tidaknya dugaan penawaran amplop tersebut.

"Kalau membuktikan kan gampang, kalau ada upaya membuktikan menurut saya enggak sulit karena itu staf (petugas LPSK) ada di kantor Propam Polri. Karena itu (penawaran amplop) terjadi di waktu dan hari kerja. Kalau mau membuktikan gampang. Termasuk bisa (cek CCTV)," ujar Edwin kepada wartawan, Selasa, 16 Agustus 2022.

Kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Photo :
  • ANTARA/Muhammad Zulfikar

Dalam CCTV tersebut, kata Edwin, kedatangan kedua petugas LPSK di kantor Propam Polri bisa terlihat. Termasuk dengan adanya dugaan pemberian amplop cokelat tersebut. Meski begitu, ia enggan mengungkap isi dari amplop tersebut dan meminta penyidik untuk bertanya langsung kepada pihak pemberi.

"Kami juga pasti tercatat di situ (kantor Propam Polri), kehadiran kami tercatat di situ. Tapi soal isinya apa, tanya sama yang memberikan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, tim advokat TAMPAK mendatangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin 15 Agustus 2022. Kedatangannya tersebut untuk melaporkan tindakan suap yang dilakukan anak buah eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo ke anggota LPSK.