Pertunjukan Seni Sambut Perayaan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka

Pertunjukkan seni meriahkan perayaan HUT RI di Istana Merdeka
Sumber :
  • ANTARA/Desca Lidya Natalia

VIVA Nasional – Beragam pertunjukan seni disuguhkan menjelang Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka Jakarta.

Peranan Penting Peran Galeri Seni di Lingkungan Tempat Tinggal Masyarakat Jakarta

Mulai pukul 07.30 WIB, Paduan Suara Gita Bahana Nusantara dengan "live" orkestra tampil di panggung utama dengan menampilkan lagu-lagu seperti Pancasila Rumah Kita, Tanah Air Instrumental (solo saxofone dan orkestra), Nusantara dan Simphony Raya.

Selanjutnya penyanyi Vidi Aldiano dan Gita Bahana Nusantara juga akan menyanyikan lagu Kebyar Kebyar dan Merah Putih. Kemudian penyanyi Lyodra melantunkan "medley" 3 lagu daerah yaitu Kampung Nan Jauh di Mato, Rek Ayo Rek dan Apuse.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Setelah lagu-lagu dilantunkan, giliran penari daerah Jawa Timur menampilkan Reog Ponorogo, dilanjutkan penari dari Sulawesi Tenggara menampilkan tarian Lumense.

Setelah tari-tarian, kembali Gita Bahana Nusantara tampil bersama penyanyi Dere untuk membawakan Rayuan Pulau Kelapa.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Selain acara kesenian di panggung utama, panitia HUT RI di Istana Kepresidenan juga mempersiapkan panggung-panggung lain yang ada di lingkungan istana kepresidenan antara lain di depan Istana Negara yaitu pertunjukan musik tradisional dari Gunung Kidul yang membawakan tembang Jawa hingga lagu daerah dari Sumatera Utara.

Ketika pertunjukan selesai, barulah upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI dimulai tepat pada 09.45 WIB.

Upacara diawali dengan kedatangan Presiden RI beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin. Acara dilanjutkan dengan tembakan meriam 17 kali, sirene, beduk di masjid-masjid serta lonceng di gereja-gereja,dibunyikan selama 1 menit.

Dilanjutkan Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPD-RI Lanyalla Mataliti, mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo, Pembacaan Doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka selanjutnya mengibarkan Bendera Negara Sang Merah Putih, dilanjutkan dengan "Flypast" Pesawat Tempur dan Helikopter TNI AU.

Acara dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara yang menyanyikan "Hari Merdeka", medley lagu daerah, "Syukur", "Ojo Dibandingke dan Joko Tingkir" oleh Farel Prayoga. (Ant/ANTARA)

Baca juga: Upacara HUT ke 77 RI, Jokowi Pakai Baju Adat Buton

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya