Kolonel Laut Andike Sry Mutia, Sosok Komandan Upacara HUT ke-77 RI

Komandan Upacara HUT RI ke 77 di Istana, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di Istana Merdeka, Jakarta hari ini, Rabu, 17 Agustus. Presiden Joko Widodo (Jokowi), beserta Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin telah tiba di Istana dengan mengenakan pakaian adat.

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Dalam Upacara ini, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia akan menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Andike saat ini menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Tim Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih di Istana Merdeka

Photo :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden
Sosok Jenderal Termuda di TNI, Ternyata Lulusan Akmil 1999 dan Berusia 47 Tahun

Sementara itu, bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra. Saat ini, ia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Yonmek 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Lahir di Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Sedangkan untuk tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022 adalah tim Pancasila Tangguh. Nama Pancasila Tangguh adalah nama yang disematkan, didaulat untuk bertugas pada upacara kali ini.

Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Berdasarkan siaran pers dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, pembawa bendera Merah Putih pada saat pengibaran bendera upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indomesia adalah I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi. Diketahui Dewa Ayu merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah 

Saat ini, Dewa ayu merupakan salah seorang siswi SMA yang menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara, dan Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Sosok Wanita Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya