Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT ke-77 RI

Presiden Jokowi jadi inspektur upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka
Sumber :
  • YouTube Setpres

VIVA – Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Pada peringatan HUT ke-77 RI hari ini, Presiden Jokowi tampak menggunakan baju adat dari Buton, Sulawesi Tenggara. Pakaian adat Buton yang dipakai oleh Jokowi didominasi oleh warna merah dan bermotif putih. 

Sementara Komandan Upacara  yaitu Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia. Komandan upacara lantas melaporkan kepada inspektur upacara bahwa upacara siap dimulai. "Lapor upacara detik-detik proklamasi dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke 77 kemerdekaan Republik Indonesia siap dimulai," ujarnya.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

“Laksanakan,” jawab Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo memakai pakaian adat Buton dalam upacara HUT ke-77 RI.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat
Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih yaitu tim Pancasila Tangguh.

Berdasarkan siaran pers dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, pembawa bendera Merah Putih pada saat pengibaran bendera upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indomesia adalah I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi. Diketahui Dewa Ayu merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah. Saat ini, Dewa ayu merupakan salah seorang siswi SMA yang menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus. 

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi (kiri)

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara, dan Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia. Saat ini, ia menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra. Saat ini, ia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Yonmek 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya.

Sebelumnya diwartakan, kirab bendera pusaka dilakukan dari Monas ke Istana Merdeka. Dalam kirab itu, duplikat bendera merah putih dan naskah teks proklamasi dibawa anggota Paskibraka Qyara Maharani Putri dari SMA 1 Garut dan Irene Odelia Astono dari SMA Santo Ignatius Singkawang. 

Dua anggota Paskibraka tersebut lantas naik kereta kencana dari Monas ke Istana Merdeka. Sampai di Istana Merdeka, bendera dan naskah teks proklamasi diletakkan di meja mimbar kehormatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya