Sejarah Singkat Terbentuknya Paskibraka

Tim Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih di Istana Merdeka
Tim Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih di Istana Merdeka
Sumber :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Nasional Paskibraka atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang memiliki tugas utama untuk mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka (duplikat) dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sejarah Paskibraka

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi (kiri)

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi (kiri)

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Menurut beberapa sumber, gagasan Paskibraka lahir pada tahun 1946, saat itu ibu kota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Dalam memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, pada 17 Agustus 1946 Presiden Soekarno memperintahkan ajudannya, yaitu Mayor Husein Mutahar untuk mempersiapkan upacara bendera di Istana Presiden Gedung Agung, Yogyakarta.

Dalam pikiran Husein bahwa sebaiknya pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air. Namun, ia hanya bisa mengahdirkan lima orang (3 putra dan 2 putri) yang berasal dari berbagai daerah. Lima orang melambangkan Pancasila, dilakukan hingga tahun 1949.

Ketika ibu kota kembali ke Jakarta pada tahun 1950, Husein tak lagi menangani pengibaran bendera pusaka. Pengibaran bendera pusaka setiap tanggal 17 Agustus di Istana Merdeka dilakukan ole Rumah Tangga Kepresidenan hingga tahun 1966. Selama itu, pengibar bendera diambil dari pelajar dan mahasiswa yang ada di Jakarta.

Paskibraka

Paskibraka

Photo :
  • pixabay
Halaman Selanjutnya
img_title